BUKU PANDUAN PRAKTIKUM
MATA KULIAH ILMU UKUR
TANAH
Di
Susun Oleh :
DEDDY
KURNIAWAN, ST, MT
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT
BUKITTINGGI
2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis peanjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat dan rahmatnya hingga
Rencana Buku Ajar Matakuliah Ilmu Ukur Tanah dapat terselesaikan sesuai dengan
waktu yag ditetapkan. Buku ini disusun khusus hanya untuk keperluan mahasiswa
geografi.
Buku
ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para mahasiswa dalam mengikuti kuliah Ilmu
Ukur Tanah dan berguna bagi pengajar sebagai panduan dalam perkuliahan maupun
dalam evaluasi pembelajaran.
Pada
kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih pada Universitas Gadjah
Mada yang telah memberikan dana untuk penyusun buku ajar, tim dosen pengasuh
matakuliah Ilmu Ukur Tanah yang telah memberi bahan penyusunan buku ajar, Dekan
Fakultas Geografi dan Ketua Jurusan Sains Informasi Geografis yang telah
menyetujui penulis untuk menyusun buku ajar ini.
Akhirnya
penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
dalam penyusunan buku ajar matakuliah Ilmu Ukur Tanah.
Bukittinggi, 22 Januari 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................................. ii
DAFTAR ISI................................................................................................................. iii
TINJAUAN MATAKULIAH...................................................................................... 1
A. Deskripsi
Singkat...................................................................................................... 1
B.
Manfaat Matakuliah................................................................................................. 1
C. Tujuan
Pembelajaran................................................................................................ 1
D. Susunan Bahan
Ajar................................................................................................. 1
E.
Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar.......................................................................... 3
F.
Kegiatan Belajar Mingguan ..................................................................................... 3
BAB I ILMU UKUR TANAH..................................................................................... 6
1.1 PENDAHULUAN................................................................................................. 6
1.2 PENYAJIAN........................................................................................................... 6
1.2.1 Pengertian dan Tujuan................................................................................ 6
1.2.2 Proses dalam Ukur Tanah........................................................................... 7
1.2.3 Survei Pendahuluan (Reconnaissance Survey).......................................... 7
1.2.4 Pengukuran................................................................................................... 9
1.2.5 Kontrol dan Pengujian................................................................................ 9
1.2.6 Tugas/kewajiban SeorangSurveyor........................................................... 9
1.3 PENUTUP .............................................................................................................. 10
1.3.1 Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 10
1.3.2 Umpan balik................................................................................................. 11
1.3.3 Pengayaan .................................................................................................... 11
BAB IITIPE DAN UNIT UKURAN........................................................................... 12
2.1 PENDAHULUAN................................................................................................. 12
2.2 PENYAJIAN........................................................................................................... 12
2.2.1 Angular
(sudut)............................................................................................. 12
2.2.2 Distance
(Jarak)............................................................................................ 15
2.2.3 Pengukuran pada Bidang Datar................................................................. 15
2.2.4 Pengukuran pada Bidang Miring............................................................... 16
2.2.5
Sumber-sumberkesalahan pada
pengukuran langsung.......................... 18
2.3 PENUTUP .............................................................................................................. ...... 18
2.3.1 Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 18
2.3.2 Umpan Balik................................................................................................. 19
2.3.3 Pengayaan 19
BAB IIICHAIN
SURVEYING....................................................................................... 20
3.1 PENDAHULUAN................................................................................................. 20
3.2 PENYAJIAN........................................................................................................... 20
3.2.1 Prinsip Dasar Chain Surveying.................................................................. 20
3.2.2 Offsets........................................................................................................... 21
3.2.3 Prosedur dalam Pengukuran Garis Offset............................................... 23
3.2.4 Panjang Maksimum Offset......................................................................... 24
3.3 PENUTUP .............................................................................................................. 24
3.3.1 Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 24
3.3.2 Umpan Balik................................................................................................. 25
3.3.3 Pengayaan 25
BAB IVKERJA LAPANGAN...................................................................................... 26
4.1. PENDAHULUAN................................................................................................. 26
4.2. PENYAJIAN........................................................................................................... 26
4.2.1 Pemilihan Stasiun/Titik Pengamatan........................................................ 26
4.2.2 Stasiun/Titik Pengamatan........................................................................... 27
4.2.3 Buku Lapangan (Field
Notes)...................................................................... 27
4.2.4 Penggambaran Hasil Pengukuran pada Peta (Plotting
the Survey)....... 28
4.2.5 Mengatasi Problem Lapangan.................................................................... 29
4.3. PENUTUP .............................................................................................................. 29
4.3.1 Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 29
4.3.2 Umpan Balik................................................................................................. 30
4.3.3 Pengayaan 30
BAB VCOMPASS
SURVEYING.................................................................................. 31
5.1. PENDAHULUAN................................................................................................. 31
5.2. PENYAJIAN........................................................................................................... 31
5.2.1 Prinsip Dasar Compass
Surveying.............................................................. 31
5.2.2 Kelebihan dan Kekurangan Compass Traversing .................................. 33
5.2.3 Observasi Lapangan.................................................................................... 34
5.2.4 Pengaruh Lokal (Local
Attraction)............................................................. 35
5.3. PENUTUP .............................................................................................................. 36
5.3.1 Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 36
5.3.2 Umpan Balik................................................................................................. 38
5.3.3 Pengayaan .................................................................................................... 38
BAB VITRIGONOMETRICAL
LEVELLING.............................................................. 39
6.1 PENDAHULUAN................................................................................................. 39
6.2 PENYAJIAN........................................................................................................... 39
6.2.1 Pengertian Trigonometrical
Levelling........................................................ 39
6.2.2 Metode Memanjang..................................................................................... 39
6.2.3 Metode Angular/Segitiga............................................................................ 40
6.3 PENUTUP............................................................................................................... 41
6.3.1 Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 41
6.3.2 Umpan Balik................................................................................................. 43
6.3.3 Pengayaan 43
BAB VII WATERPASS
PROFILING.......................................................................... 44
7.1 PENDAHULUAN................................................................................................. 44
7.2 PENYAJIAN........................................................................................................... 44
7.2.1 Penampang Melintang (Profil)................................................................... 44
7.2.2 Pembuatan Profil dengan Metode Memanjang........................................ 45
7.2.3 Pembuatan Profil dengan Metode Melintang.......................................... 46
7.3 PENUTUP .............................................................................................................. 47
7.3.1 Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 47
7.3.2 Umpan Balik................................................................................................. 49
7.3.3 Pengayaan .................................................................................................... 49
BAB VIIITACHEOMETRY........................................................................................... 50
8.1 PENDAHULUAN................................................................................................. 50
8.2 PENYAJIAN........................................................................................................... 50
8.2.1 Sistem Stadia – Pengamatan Horisontal................................................... 50
8.2.2 Sistem Stadia - Pengamatan Miring (incline sight).................................. 52
8.2.3 Tacheometry dengan Metode Tangensial................................................. 54
8.2.4 Series Levelling............................................................................................ 54
8.3 PENUTUP............................................................................................................... 55
8.3.1 Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 55
8.3.2 Umpan Balik................................................................................................. 57
8.3.3 Pengayaan .................................................................................................... 57
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 58
TINJAUAN
MATAKULIAH
G. Deskripsi
Singkat
Matakuliah Ilmu Ukur Tanah merupakan matakuliah
wajib pada Program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh. Substansi utama mata
kuliah Ilmu Ukur Tanah adalah mengajarkan dasar-dasar ukur tanah (surveying) untuk tujuan pemetaan.
Kuliah ini bertujuan untuk dapat memahami cara-cara
survei yang tepat menurut daerah yang akan dipetakan dan ketersediaan alat
pengukuran. Materi yang diberikan adalah:
dasar-dasar ukur tanah, tipe dan unit ukuran, macam-macam teknik survei, chain
surveying, compass surveying, waterpass profiling, trigonometrical levelling,
dan series levelling.
H. Manfaat
Matakuliah
Dengan mengikuti mata kuliah Ilmu Ukur Tanah
diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk kegiatan suvei pemetaan baik
untuk tugas akhir/skripsi, maupun digunakan pada saat sudah masuk dunia kerja.
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti mata kuliah Kartografi Temarik
mahasiswa mampu melaksanakan :
-
Memahami prinsip dasar dalam
Ilmu Ukur Tanah
-
Memiliki keterampilan dalam
melakukan ukur tanah, yaitu suatu tindakan untuk memperoleh gambaran yang
menyeluruh dari bentuk-bentuk di permukaan bumi dengan cara pengamatan dan
pengukuran serta menggambarkan hasil pengamatan dan pengukuran tersebut di atas
kertas (bidang datar).
J. Susunan
Bahan Ajar
I.
I. ILMU UKUR TANAH
1.1 Pengertian dan
Tujuan
1.2 Proses dalam
Ukur Tanah
1.3 Survei
Pendahuluan
1.4 Pengukuran
1.5 Kontrol dan
Pengujian
1.6 Tugas/Kewajiban
Seorang Surveyor
II.
TIPE DAN UNIT UKURAN
2.1 Angular (sudut)
2.2 Distance (jarak)
2.3 Pengukuran pada
Bidang Datar
2.4 Pengukuran pada
Bidang Datar
2.5 Sumber Kesalahan
pada Pengukuran Langsung
III.
CHAIN SURVEYING
3.1 Prinsip pada Chain Surveying
3.2 Offsets
3.3 Prosedur dan
Pengukuran Garis Offsets
3.4 Panjang Maksimum
Offsets
IV. KERJA LAPANGAN
4.1 Pemilihan
Stasiun/Titik Pengamatan
4.2 Titik-titik
Pengamatan
4.3 Buku Lapangan
4.4 Penggambaran
Hasil Pengukuran pada Peta
4.5 Mengatasi
Problem Lapangan
V.
COMPASS SURVEYING
5.1 Prinsip dari
Compass Surveying
5.2 Kelebihan dan
Kekurangan Compass Surveying
5.3 Observasi Lapangan
5.4 Pengaruh Lokal
VI. TRIGONOMETRICAL LEVELLING
6.1 Pengertian
Trigonometrical Levelling
6.2 Metode Memanjang
6.3 Metode Segitiga
(Angular)
VII.
TACHEOMETRY
7.1 Sistem Stadia –
Pengamatan Horisontal
7.2 Sistem
Stadia – Pengamatan Miring
7.3 Tacheometry
dengan Metode Tangensial
7.4 Series Levelling
VIII. WATERPASS PROFILING
8.1 Penampang Melintang
8.3 Pembuatan Profil dengan Metode Memanjang
8.3 Pembuatan
Profil dengan Metode Melintang
K. Petunjuk
Penggunaan Bahan Ajar
Buku bahan ajar ini disusun sesuai dengan Rencana
Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) matakuliah Kartografi Dasar.
Terdapat 8 bab yang masing-masing memiliki format sama, yaitu terdiri dari
pendahuluan, penyajian dan penutup. Bahan ajar berfungsi sebagai buku panduan
untuk kegiatan perkuliahan, namun demikian mahasiswa/i tetap disarankan untuk
membaca buku referensi yang lebih komprehensif, yang telah dicantumkan dalam
daftar pustaka.
Bagian awal buku ini membicarakan tentang dasar-dasar
Ilmu Ukur Tanah serta tanggung jawab seorang surveyor. Kemudian anda akan
memasuki bab yang membahas tentang pengukuran lapangan dengan metode chain surveying.
Bagian tengah mengutarakan tentang desain kerja
lapangan seorang surveyor dan pengukuran dengan metode compass surveying. Sementara itu pada bagian akhir terdapat uraian tentang
waterpass profiling, trigonometrical levelling, dan tacheometry.
BAB
I
ILMU
UKUR TANAH
1.4 PENDAHULUAN
Dalam
bab ini akan dikemukakan tentang dasar-dasar dan pengertian ukur tanah serta hal
apa saja yang harus dilakukan seorang surveyor. Hal ini berfungsi untuk
mendukung pengetahuan mahasiswa dalam memahami kegiatan ukur tanah baik saat di
laboratorium maupun saat di lapangan. Setelah mengikuti Bab I ini Hasil
Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·
Mahasiswa mampu
mendefinisikan pengertian dan tujuan ukur tanah
·
Mahasiswa mampu menerapkan
proses ukur tanah di lapangan
· Mahasiswa
mampu melakukan pengukuran dan mengetahui tanggung jawab surveyor
1.5 PENYAJIAN
Definisi
dari surveying ialah suatu tindakan untuk mendapatkan gambaran umum dengan
observasi dan pengukuran untuk menentukan batas-batas, ukuran, posisi, jumlah,
kondisi, nilai dan sebagainya dari seseatu objek, misalnya : permukaan tanah,
perkebunan, bangunan, pertanian, pertambangan dan lain-lain
1.2.7 Pengertian dan Tujuan
Ilmu Ukur Tanah (Land
surveying) adalah suatu tindakan untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh
dari bentuk-bentuk di permukaan bumi dengan jalan pengamatan dan pengukuran
serta menggambarkan hasil pengamatan dan pengukuran
tersebut ke atas kertas gambar (bidang datar).
Land surveying adalah bagian dari ilmu yang lebih
luas yang dinamakan ilmu geodesi. Land surveying memiliki dua maksud :
1. Maksud ilmiah, yaitu menentukan bentuk
permukaan bumi termasuk survei astronomi, penentuan titik triangulasi, gaya
berat bumi.
2. Maksud praktis, yaitu membuat peta dari
sebagian besar atau sebagian kecil permukaan bumi.
1.2.8 Proses dalam Ukur Tanah
Terdapat tiga tahapan utama dalam kerja ukur tanah,
yaitu:
a.
Melihat gambaran secara umum (taking a general view)
Hal ini merupakan tahap reconnaiscance survey yaitu
untuk mendapatkan gambaran umum terhadap daerah yang akan dipetakan sehingga
dapat ditentukan langkah-langkah kerja pengukuran, metode pengukuran yang akan
digunakan, jumlah tenaga lapangan surveyor yang dibutuhkan biaya serta waktu
yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
b.
Observasi dan pengukuran (observation and measurement)
Pengukuran dilakukan untuk mendapatkan hubungan
letak/ posisi antara titik-titik yang satu dengan yang lain, dengan menentukan
ukuran jarak, sudut horisontal, kadang-kadang diperlukan pula letak vertikal
antara titik terhadap titik yang lain.
Posisi yang dimaksudkan dapat posisi relatif ataupun absolut. Dalam tahap ini diperlukan pengertian yang
cukup tentang penggunaan alat, spesifikasi alat ukur serta metode pengukuran.
c.
Penyajian(presentation)
Dalam setiap survei data yang telah dikumpulkan
harus disajikan dalam suatu bentuk peta dengan simbol yang memudahkan bagi
orang lain untuk mengetahui hasil pengukuran yang telah disajikan dalam bentuk
grafik/profil ataupun bentuk peta.
1.2.9 Survei Pendahuluan (Reconnaissance Survey)
Survei
pendahuluan merupakan tindakan yang harus diambil seorang surveyor sebelum
melakukan pengukuran. Dalam melakukan survei pendahuluan terdapat tiga hal yang
harus diperhatikan, yaitu :
a. Mengetahui maksud dan tujuan survei
Mengetahui maksud dan tujuan survei sebelum
menentukan metodenya pengukuran penting, karena masing-masing metode memiliki
kelebihan dan kekurangan. Terdapat 4 cabang ilmu ukur tanah yang penting,
walaupun saling overlap, yaitu:
1) Survei geodesi (geodetic surveying)
Survei ini meliputi daerah yang mencakup skope
nasional bahkan meliputi pengukuran ukuran-ukuran bumi. Survei geodesi memiliki ketelitian tinggi dan
daerah yang tercakup melebihi luas 55 x 55 km2, dimana bidang proyeksi bukan lagi di bidang datar
tetapi pengaruh lengkung bumi perlu diperhatikan.
Titik yang diukur misalnya titik triangulasi
ditentukan dengan ketelitian sangat tinggi. Titik ini penting untuk titik
kontrol bagi survei-survei pada geodesi rendah.
Survei ini biasanya dimaksudkan untuk pembuatan peta dasar nasional.
2) Survei topografi (Topographical surveying)
Survei ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran
bentuk permukaan bumi, baik kenampakan fisikal (natural features) maupun
kenampakan kultural (artifical
features). Daerah yang tercakup
tidak melebihi jarak 55 x 55 km2, sehingga pengaruh lengkungan bumi
sudah tidak terlalu berpengaruh. Posisi
relatif pengukuran horisontal dan vertikal dapat dibaca dari peta.
3) Survei kadaster (Cadastral surveying)
Survei kadaster digunakan untuk menentukan
batas-batas hak milik perseorangan, tanah-tanah milik negara dan batas-batas
desa dan biasanya mencakup daerah sempit.
4) Survei bidang teknik (Engineering or site
surveys)
Survei bidang teknik dilaksanakan untuk menentukan
posisi dalam rencana bagan dari proyek, jadi disini dibutuhkan data khusus yang
dapat dipakai untuk menunjang rencana pembuatan proyek.
Survei ini termasuk survei detail antara lain untuk
rencana pembuatan saluran irigasi, bendungan, jalan raya, pelabuhan dan
sebagainya. Biasanya meliputi daerah
sempit di sekitar rencana proyek.
b. Mengetahui ketelitian yang diperlukan
Hal ini tergantung pada metode yang digunakan dan
skala peta yang akan dibuat. Peta skala
besar umumnya menyajikan ketelitian tinggi dibandingkan dengan peta skala
kecil. Misalnya skala 1:10.000 ukuran 1
meter sulit untuk digambarkan.
c. Menetapkan metode pengukuran yang sesuai
Dalam survei pendahuluan, titik-titik pokok
pengamatan harus ditentukan, yang dapat mewakili seluruh medan/daerah yang akan
dipetakan. Jadi dalampemilihan stasiun/titik pengamatan harus mempertimbangkan
kedudukan setiap titik pengukuran di lapangan.
1.2.10
Pengukuran
Pengukuran dalam
ukur tanah terdiri dari 2 bentuk, yaitu :
a. Linear,
yaitu pengukuran jarak antara dua titik atau lebih di permukaan bumi
b. Angular,
yaitu pengukuran sudut/arah antara garis-garis ukur atau antara garis-garis
tertentu baik secara horisontal maupun vertikal.
Salah satu atau
kedua-duanya bentuk pengukuran ini digunakan dalam 4 metode basis dalam ukur
tanah yaitu :
a)
Chain Surveying (Pengukuran berantai)
b)
Triangulation (Triangulasi)
c)
Levelling
d)
Traversing (Compass Traversing dan Theodolite Traversing)
1.2.11
Kontrol dan Pengujian
Ada 2 prinsip yang harus diperhatikan untuk
penetapan metode pengukuran.
a.
Prinsip pertama, adalah menetapkan sistem stasiun
pengukuran dimana posisi titik tersebut ditetapkan dengan ketelitian yang
tinggi. Misalnya titi-titik pokok
diikatkan kepada titik triangulasi yang diukur secara teliti. Titik-titik ini disebut titik kontrol atau
titik pasti. Pada pengukuran detail di antara titik kontrol
tersebut bila terjadi kesalahan akan dapat diketahui dan dibenarkan.
b.
Prinsip kedua, adalah semua pekerjaan survei harus
diuji sehingga dapat diketahui sebelum pengukuran selanjutnya
dilaksanakan. Misalnya arah AB=100°, maka arah BA setelah dicek harus
(180 + 100 = 280°).
1.2.12
Tugas/kewajiban
SeorangSurveyor
Setiap pekerjaan umumnya memiliki kode etik yang
wajib diamalkan oleh pekerjanya. Begitu pula dalam pekerjaan ukur tanah yang
menuntut ketelitian pengukuran. Berikut ini adalah beberapa kewajiban dasar
seoran surveyor.
a)
Kerja lapangan dan Laboratorium
- Pengukuran linear dan sudut
- Mempersiapkan rencana, melakukan hitungan
hitungan dan gambar
b) Menggunakan dan merawat
peralatan ukur tanah (Handasah)
- Khusus level dan theodolite
- Cermat/hati-hati : alat ukur berharga mahal
- Tidak dapat diperbaiki di sembarang tempat
c)
Sebelum mengambil alat dari kotak perhatikan
posisinya secara baik dan benar misalnya
pada waktu mengembalikan lengan kaki tiga. Setelah selesai menggunakan alat,
dikembalikan dalam kotak dalam posisi yang benar, agar alat tidak rusak.
d)
Bila alat didirikan di Jalan atau di tempat yang
anginnya kuat tidak boleh ditinggal. Hindarkan alat dari sinar matahari dan
hujan dengan menggunakan alat peneduh (misalnya payung). Lensa alat pengukuran
tidak boleh panas, maka jika dalam kondisi tidak melakukan pengukuran dalam
waktu yang cukup lama sebaiknya ditutup.
1.6 PENUTUP
1.3.4 Tes Formatif dan Jawabannya
1.
Mengapa seorang surveyor perlu melakukan survei
pendahuluan (reconnaissance survey)
sebelum melakukan kerja lapangan?
Jawab: Karena
dalam survei pendahuluan seorang surveyor mampu menentukan rencana kerja secara
lebih sistematis, sehingga kerja lapangan dapat berjalan secara efektif. Adapun
langkah-langkahnya adalah: Menentukan tujuan survei, Menentukan ketelitian yang
diinginkan, lalu Menentukan metode yang sesuai.
2. Dalam proses
ukur tanah terdapat tahapan Taking a
general view. Jelaskan maksud dari tahapan tersebut !
Jawab: Hal
tersebut dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan gambaran umum terhadap
daerah yang akan dipetakan sehingga dapat ditentukan langkah-langkah kerja
pengukuran, metode pengukuran yang akan digunakan, jumlah tenaga lapangan
surveyor yang dibutuhkan, biaya serta waktu yang diperlukan untuk melaksanakan
pekerjaan tersebut.
3. Jelaskan
hubungan antara skala peta yang dihasilkan dengan ketelitian pengukuran di
lapangan !
Jawab: Peta
skala tinggi menuntut kedetilan objek yang tinggi pula, sehingga dalam survei
lapangan sebaiknya menerapkan titik pengukuran yang banyak pula. Sebaliknya
untuk peta skala kecil, jumlah titik pengukuran relatif lebih sedikit namun
dengan jarak antar titik yang jauh.
1.3.5
Umpan balik
Setelah
mempelajari materi pada bab ini mahasiswa telah dapat mendefinisikan pengertian
dan tujuan ukur tanah, menerapkan proses ukur tanah di lapangan,dan mengetahui
tanggung jawab surveyor.
1.3.6
Pengayaan
Chandra,
A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type
Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani,
C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics
(13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono,
S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wongsotjitro,
S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.
LSRF:
http://www.lsrp.com/
BAB
II
TIPE
DAN UNIT UKURAN
2.4 PENDAHULUAN
Dalam
bab ini akan dikemukakan tentang unsur-unsur pengukuran yang digunakan dalam
ukur tanah.Hal ini berfungsi untuk mendasari mahasiswa dalam memahami cara
penulisan dan pembacaan unsur-unsur pengukuran dengan benar. Setelah mengikuti
Bab II ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·
Mahasiswa dapat
mengoperasikan alat-alat survey (theodolite, waterpass, T0, dll)
·
Mahasiswa dapat melakukan
pengukuran sudut
·
Mahasiswa dapat melakukan
pengukuran panjang
· Mahasiswa
dapat melakukan pengukuran jarak diantara dua titik
2.5 PENYAJIAN
2.2.6 Angular
(sudut)
Dasar
untuk menentukan besaran sudut ialah lingkaran yang memiliki total sudut 360°.
Sudut 0° atau 360° ditentukan menunjuk pada arah utara. Peralatan dasar yang
digunakan untuk mengukur sudut adalah kompas, dimana arah utara yang ditunjuk
merupakan utara magnetis. Hal tersebut perlu diperhatikan karena terdapat
perbedaan antara arah utara magnetis dengan arah utara sebenarnya, yang disebut
sebagai sudut deklinasi. Arah utara magnetis di setiap tempat berbeda, karena
dipengaruhi oleh medan magnet pada lokasi tersebut.
]
Gambar 2.1 Ilustrasi antara arah utara magnetis
dengan arah utara sebenarnya
Sudut
yang diukur dalam survei dapat diklasifikasikan sebagai horisontal atau
vertikal, tergantung pada bidang yang diamati. Sudut horisontal adalah
pengamatan dasar yang dibutuhkan untuk menentukan bearing dan azimuth.
Sudut vertikal digunakan dalam leveling trigonometri dan untuk memperhitungkan
kemiringan bidang dalam pengukuran jarak.
Pada
dasarnya cara pembacaan sudut adalah searah jarum jam (bernilai positif)
kemudian dibaca berapa sudutnya. Jika arah pengukuran melawan arah jarum jam
maka sudut bernilai negatif.
Gambar 2.2
Prinsip dasar pembacaan sudut
Penulisan
pembacaan sudut dapat bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan surveyor, namun
secara umum terdapat dua metode pembacaan dasar yaitu sebagai berikut:
a)
Metode Bearing(Reduced
Bearing)
Pada metode ini lingkaran dibagi menjadi empat
bagian yang disebut sebagai kuadran (Lihat Gambar 2.3). Penentuan pembacaan
sudut sesuai dengan kuadran tempat dimana sudut tersebut terukur. Dengan
demikian dengan metode ini rentang sudut hanya 0° – 90° saja. Selain
menyebutkan sudutnya, disebutkan pula arah mata anginnya. Disini arah Utara dan
Selatan digunakan sebagai petunjuk arah utama, sedangkan arah Barat dan Timur
merupakan petunjuk pelengkapnya.
Keterangan pembacaan:
1. Sudut A = N 45° E
2. Sudut B = N 55° W
3. Sudut C = S 60° W
4. Sudut D = S 50° E
|
Gambar 2.3 Ilustrasi pengukuran sudut dengan metode
bearing
b)
Metode Azimuth (Whole
Circle Bearing)
Pada metode ini lingkaran tidak lagi dibagi menjadi
empat bagian, namun sebagai satu lingkaran utuh, dengan arah utara sebagai
titik awal pengkurannya. Dengan metode ini surveyor tidak perlu menuliskan
keterangan arah pada sudutnya, karena sudah terdapat acuan. Sudut diukur dengan
arah pengukuran searah jarum jam.
Keterangan pembacaan:
1. Sudut A = 45°
2. Sudut B = 305°
3. Sudut C = 240°
4. Sudut D = 130°
|
Gambar 2.4 Ilustrasi pengukuran sudut dengan metode
azimuth
2.2.7 Distance
(Jarak)
Satuan
jarak memang berbeda-beda di setiap negara, ada yang menggunakan sistem metrik
dan ada pula yang menggunakan sistem non-metrik. Pengukuran di Negara Indonesia
umumnya menggunakan satuan metrik, sehingga dalam ukur tanah digunakan pula
satuan metrik. Pengukuran jarak dalam ukur tanah dapat dilakukan dengan
menggunakan beberapa macam alat, yaitu:
a.
Pengukuran langsung dengan meteran
b.
Pengukuran optis dengan waterpass atau theodolite
c.
Pengukuran elektronis dengan menggunakan EDM atau
Laser
d.
Pengukuran dengan menggunakan gelombang radio,
misal: GPS
Metode
pengukuran langsung yang dilaksanaan sangat tergantung pada ketelitian yang
diperlukan. Akan membuang waktu dan
biaya apabila kita melaksanakan pengukuran teliti, tetapi hanya sedikit
ketelitian yang kita perlukan, sebaliknya tidak ada gunakanya mencoba dan
mencapai ketelitian tinggi dengan hanya menggunakan alat ukur rantai atau pita
ukur dari bahan plastik. Pita ukur dari baja biasanyanya lebih tinggi
ketelitiannya dibandingkan dengan pita dari plastik.
2.2.8 Pengukuran pada Bidang Datar
Jika
ingin mengukur jarak antara dua titik, maka panjang jarak yang lurus yang kita
kehendaki. Hal tersebut tidak sulit diukur apabila jarak yang kita ukur kurang
(lebih pendek) dari pita ukur yang kita pakai untuk mengukur. Lain halnya bila
jarak yang diukur tersebut, panjangnya melampaui pita ukur yang kita pakai, di
sini perlu sekali dibantu oleh sejumlah ranging
rods untuk mengontrol posisi dari pita ukur agar tetap pada garis lurus. Ranging rods biasanya terbuat dari besi
atau kayu yang dicat dengan warna merah dan putih, diseling tiap 25 cm, panjang
yalon biasanya antara 2 - 2.5 m, dapat berbentuk segitiga, segiempat, atau
bulat dengan diameter 30 cm dan runcing di ujung bawahnya. Proses peletakan
ranging rods pada garis lurus anatar dua titik tersebut disebut me-ranging (membanjar = meluruskan garis
ukur).
Seperti
terlihat pada Gambar 3.1, pengukuran antara titik AB dibagi menjadi 3 bagian
dengan melakukan pelurusan, dimana pada tiap bagiannya ditandai dengan ranging rods.
Gambar 3.1
Metode pelurusan menggunakan Ranging Rods
Untuk
memperoleh hasil yang maksimal dalam metode pelurusan perlu beberapa
langkah-langkah sebagai berikut:
a. Tancapkan yallon pada tiap ujung dari garis
ukur antara dua titik misalnya titik AB, dengan kedudukan vertikal.
b. Dengan sedikit membungkuk badan di belakang di
A untuk mendapatkan garis pandangan yang rendah, mengincar kedua sisi
yallon-yallon tersebut
c. Dengan pertolongan seorang pembantu peganglah
sebuah yalon dan letakkan kira-kira pada garis AB sejauh panjang pita ukur dan
diletakkan vertikal dengan ibu jari dan telunjuk.
d. Dengan mengincar sisi yalon di A, instruksikan
pada pembantu, bergerak ke kanan atau ke kiri, sampai tiga yallon tersebut
segaris dan baru yallon ditancapkan.
e. Dengan cara yang sama dilakukan lagi beberapa
pelurusan, jika jarak AB demikian panjang.
2.2.9 Pengukuran pada Bidang Miring
Pengukuran
jarak umumnya dianggap sebagai yang paling mendasar dalam kegiatan pengukuran.
Dalam bidang ukur tanah, selain membaca sudut-sudut, diperlukan minimal satu
jarak diantara dua titik untuk dapat melakukan perhitungan selanjutnya. Dalam
survei ukur tanah, jarak antara dua titik berarti jarak horisontal. Jika
titik-titik berada pada ketinggian yang berbeda, jarak adalah panjang
horizontal antara titik-titik tersebut. Terdapat dua cara dalam menentukan
jarak antara dua titik pada bidang miring, yaitu:
a. Pengukuran Per Bagian
Dengan cara ini
pengukuran dilakukan secara bertahap, untuk kemudian dijumlahkan (Lihat Gambar
2.5). Jarak horisoltal antara titik A dan titik B adalah hasil penjumlahan
pengukuran pada bagian 1, 2, 3, dan 4.
Gambar 2.5
Pengukuran jarak horisontal per bagian
b. Pengukuran
dengan Bantuan Sudut
Dengan cara ini
pengukuran dilakukan pada bidang miringnya, kemudian mengukur sudut vertikal
dari bidang miring tersebut. Jarak pada bidang miring dapat diukur dengan
menggunakan pita ukur, kemudian sudut vertikal dapat diukur dengan menggunakan
kompas, klinometer, atau abney level. Kemudian jarak horisontal maupun beda
tinggi dapat dihitung dengan menggunakan rumus (lihat Gambar 2.6)
Gambar 2.6
Pengukuran jarak horisontal dengan bantuan sudut
2.2.10
Sumber-sumber kesalahan
pada pengukuran langsung
Pengukuran secara langsung memiliki tingkat gangguan
yang besar, diantaranya disebabkan oleh:
1. Pegas
ukur kurang direntangkan secara horisontal
2. Adanya
angin yang meniup pegas ukur
3. Pelurusan
(ranging) kurang benar
4. Panjang
pegas ukur yang tidak benar
5. Kesalahan
menghitung jumlah rentangan
6. Kesalahan
recorder (pencatat)
7.
Kesalahan menghitung kemiringan
2.6 PENUTUP
2.3.4
Tes Formatif dan Jawabannya
1.
Ubahlah hasil pembacaan sudut berikut menjadi
metode azimuth !
a.
N 23° W
b.
S 37° E
c.
N 48° E
d.
S 13° W
Jawab: a. 337°,
b. 147°, c. 48°, dan d. 193°
2. Dari suatu
pengukuran antara titik AB, didapatkan sudut vertikal (α) = 30° dan jarak
miring (d) = 20 meter. Berapakah jarak horisontal dan beda tinggi antara titik
A dan B ?
Jawab:
Jarak Horisontal
= D = d Cos α = 20 . Cos 30° = 20 . 0,87 = 17,4 meter
Beda Tinggi = BT
= d Sin α = 20 . Sin 30° = 20 . 0,5 = 10 meter
2.3.5
Umpan Balik
Setelah
memperlajari materi pada bab ini mahasiswa dapat melakukan pengukuran sudut,
pengukuran panjang, dan pengukuran jarak diantara dua titik pada bidang datar
dan miring.
2.3.6
Pengayaan
Chandra,
A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type
Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani,
C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics
(13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Wirshing,
J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying),
Jakarta, Penerbit Erlangga.
BAB
III
CHAIN SURVEYING
3.4 PENDAHULUAN
Dalam
bab ini akan dikemukakan tentang prinsip dasar chain surveying. Hal ini
berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran tanah.
Setelah mengikuti Bab III ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·
Mahasiswa dapat menjelaskan
prinsip dasar chain surveying
· Mahasiswa
mampu membuat offset dan menentukan ketelitian pengukuran
3.5 PENYAJIAN
3.2.5 Prinsip Dasar Chain Surveying
Chain surveying adalah proses dari pemetaan suatu daerah, hanya dengan
menggunakan pengukuran-pengukuran linear, yaitu dengan garis-garis ukur. Walaupun metode ini merupakan bentuk
pengukuran kuno, tetapi metodeini masih tetap dipakai dalam survei-survei
kecil.
Pelaksanaannya
sering digunakan dalam survei detail dan bahkan dijadikan dasar dalam
survei-survei yang lebih modern, karena itu pengetahuan dasar tentang metode
ini perlu diketahui. Prinsip dasarnya dapat dijabarkan sebagai berikut.
1. Ambillah sebagai
contoh daerah yang akan dipetakan dibatasi oleh 3 batas garis lurus AB, BC dan
CA. Jika tiga sisi ini diukur pengukuran
yang sederhana ini akan diplotkan ke dalam peta sebagai berikut :
a. Garis AB, misalnya digambar pada kertas dengan
sudah diskalakan, dan dianggap sebagai base
line (garis basis-basis dasar).
b. Panjang garis AC dimasukkan juga dalam kertas
gambar dengan skala yang sama yang merupakan busur dengan jari-jari AC
c. Dengan skala yag sama pula panjang garis BC
digambarkan berupa busur dengan jari-jari BC;
d. titik C akan dihasilkan oleh perpotongan busur
AB dan BC dan titik A, B dan C telah di plot dalam peta dalam posisi relatif
yang sama dengan di lapangan.
2.
Apabila daerah yang akan digambarkan dibatasi oleh
lebih dari tiga sisi yang lurus, sedapat mungkin pemetaan harus direncanakan
sedemikian rupa sehingga daerah tersebut dapat diplot dengan prinsip
segitiga. Misalnya daerah yang berupa
empat persegi salah satu diagonalnya juga diukur, kemudian diagonal ini yang
mula-mula digambar dalam peta sesudah diskalakan. Dengan demikian dua segitiga
akan tergambar pada kedua belah sisi dari diagonal tersebut.
C
|
D
|
B
|
A
|
Gambar
3.1 Chain Surveying jika terdapat 4 titik pengamatan
3.2.6 Offsets
Prinsip
chain surveying hanya digunakan untuk
daerah-daerah yang batasnya berupa batas lurus. Karena kebanyakan batas-batas
yang kita kenal banyak yang tidak teratur maka dibuatlah jaring-jaring segitiga
yang dapat digambar dan dicek. Dari garis-garis ukur ini yaitu sisi-sisi
segitiga garis offset dibuat dari titik-titik obyek yang diukur garis offset
ini tegak lurus terhadap garis ukur.
Gambar
3.2 Pembuatan jaring segitiga dan offset.
Cara
membuat garis tegak lurus terhadap garis ukur dapat dilakukan dengan beberapa
cara :
a.
memperkirakan dengan mata garis tegak lurus yang
dibuat oleh 2 pita ukur;
b.
dengan memutar pegas ukur pada offset sehingga
mencapai jarak yang terpendek.
c. Dengan prinsip
perbandingan garis 3 : 4 : 5 (phytagoras) dari titik A ditarik/diukur jarak 3 m
pada garis ukur (1) misalnya didapat titik B.
Dari B dan A dipotong jarak 4 m dan 5 m sehingga didapat A'. Akhirnya didapat A'A.
d.
Dengan alat optical
square (kaca sudut)
e.
Dengan penggaris segitiga
3.2.7 Prosedur dalam Pengukuran Garis Offset
Kenampakan
yang akan dipetakan ada tiga bentuk dan prosedur offsetting masing-masing
sebagai berikut :
a. Kenampakan yang
tidak terartur (irregular features)
dibagi jadi garis patah-patah seperti tepi-tepi sungai.
b. Kenampakan yang lurus (straight features)
Seperti pagar tembok, pagar kawat dan lain-lain,
hanya ujung-ujung saja yang digambar offsetnya.
c. Kenampakan yang melengkung (curved features)
Offset diambil dan diukur pada interval yang terdapat
lengkungan seperti jalan kereta api, jalan raya.
3.2.8 Panjang Maksimum Offset
Hal
ini tergantung kepada beberapa hal, yaitu :
a. Ketelitian
yang diperlukan dalam memasukkan suatu kenampakan pada peta. Misalnya, sudut suatu bangunan seharusnya
lebih tepat daripaa gerumbul pohon yang tidak teratur
b. Metode
untuk membuat offset
c. Skala
dari peta yang akan dibuat
Maksimum panjang offset dapat diperhitungkan.Pada umumnya offset
diperkirakan tetapi apabila garis tegak lurus tersebut kurang teliti. Offset yang diperkirakan dari garis tegak lurus
sebenarnya biasanya berkisar antara 2°, maka makin panjang offseting makin
besar jarak kesalahannya.
Jika jarak offset
tersebut kecil, kesalahan tidak begitu besar, tetapi offset yang panjang
dapat menyebabkan kesalahan yang besar pula.
3.6 PENUTUP
3.3.4
Tes Formatif dan Jawabannya
1.
Mengapa dalam Chain Surveying diperlukan adanya
Offset?
Jawab: Karena
metode chain surveying hanya mengandalkan garis lurus (linear) dalam pengukurannya, oleh karena itu jika ingin memetakan
obyek secara detil diperlukan garis bantu yang disebut sebagai offset untuk
mengukur kenampakan yang detil.
2.
Dalam suatu survei dengan chain surveying, garis-garis offset tegak lurus pada garis ukur, diperkirakan hanya dijamin sampai ketelitian 2°, Berapa maksimum panjang offset
yang diperbolehkan, jika hasil pengukuran tersbut akan dipetakan dengan skala
1:500 ?
Jawab:
Pada skala 1:500, ketelitian jarak yang mungkin
masih tergambar sebesar 0.2 mm. Batas
jarak 0,2 mm dalam peta = 500 x 0,2 mm = 100 mm = 10 cm = 0,1 m
X
= 2,86 m atau 3 m maksimal
3.3.5
Umpan Balik
Setelah
mempelajari materi pada bab ini mahasiswa Mahasiswa dapat
menjelaskan prinsip dasar chain surveying
dan membuat offset untuk pengukuran detil objek.
3.3.6
Pengayaan
Chandra,
A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type
Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani,
C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics
(13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Wirshing,
J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying),
Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro,
S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.
BAB
IV
KERJA
LAPANGAN
4.4. PENDAHULUAN
Dalam
bab ini akan dikemukakan tentang praktek pengukuran lapangan dan persiapannya.
Hal ini berfungsi untuk melatih mahasiswa dalam mempersiapkan kerja lapangan
sebaik mungkin. Setelah mengikuti Bab IV ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan
adalah:
· Mahasiswa mampu
menerapkan prosedur dasar untuk kegiatan lapangan
· Mahasiswa dapat
merancang titik-titik pengamatan
· Mahasiswa dapat
mengidentifikasi problem lapangan dan memberikan solusinya
4.5. PENYAJIAN
Bagi
surveyor sangatlah penting berkeliling lebih dahulu pada tempat yang akan
dipetakan untuk mendapatkan gambaran yang baik dari seluruh daerah, kemudian
baru menentukan langkah demi penghematan waktu, tenaga dan biaya. Peta yang
sudah ada akan membantu untuk kelancaran pengukuran. Sket dari daerah yang akan
dipetakan sebaiknya dilakukan pula untuk meletakkan kerangka dari pengukuran.
4.2.6 Pemilihan Stasiun/Titik Pengamatan
Selama dalam survei pendahuluan ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan untuk merencanakan kerangka pengukuran:
a. Sedikit
garis-garis ukur
Seharusnya
jumlah dari garis ukur seminimal mungkin, tetapi harus cukup mewakili untuk
pemetaan dan harus dicek
terlebih dahulu.
b. Garis
ukur dasar yang hilang
Kalau
mungkin sebagai garis ukur dasar harus panjang dan memotong daerah obyek, untuk
selanjutnya dijadikan dasar bagi segitiga-segitiga ukur yang lain.
c. Segitiga-segitiga
yang dibentuk harus baik
Hindarkan
segitiga yang mempunyai sudut <300 dan >1500 yang
paling baik jikasisi-sisi segitiga berpotongan
pada sudut sekitar 900, agar kenampakannya lebih jelas.
d. Garis-garis
cek (check lines)
Setiap
survei pemetaan seharusnya dilengkapi dengan garis-garis koreksi, sebaiknya
garis-garis koreksi ini dapat pula digunakan untuk membuat offset-offset.
e. Halangan
Agar
memperhatikan pula halangan yang mungkin menganggu untuk garis-garis ukur,
misalnya lereng yang curam permukaan yang kasar, dan lain-lain.
f. Jarak
offset yang pendek
Garis
ukur seharusnya dekat dengan kenampakan-kenampakan yang akan diukur dengan
offset, paling baik sekitar 3 m
4.2.7 Stasiun/Titik Pengamatan
Setelah
dipilih, maka stasiun/titik pengamatan perlu dijaga dengan cara sebagai berikut:
· Harus mudah dan
cepat diketemukan selama survei
· Tidak mudah
diganggu oleh orang lain
· Tidak mudah
hilang dan pada saat-saat lain dapat dipakai lagi
· Diberi tanda
dengan patok kayu/bambu atau patok besi
· Supaya
diperhatikan tanda-tanda di sekitar titik pengamatan paling sedikit 3 kenampakan
yang jelas dan diukur.
4.2.8 Buku Lapangan(Field
Notes)
Semua
hasil pengukuran supaya dicatat pada buku lapangan pada tiap lembar satu garis
ukur yang berupa dua garis sejajar pada tengah-tengah tiap
halaman. Harap dicatat pula :
a.
Nama dan lokasi pengukuran
b.
Keterangan tentang pita ukur dan alat-alat lain
yang dipakai
c.
Tanggal pengukuran
d.
Nama-nama pengukur
e.
Sket selama diadakan survei pendahuluan dengan
ketengan :
· nama dan
keterangan dengan huruf, titik-titik pengamatan
· jumlah garis
ukur
· tanda panah yang
menunjukkan arah dari pengukuran
f.
Tanda-tanda dan deskripsi titik dari pengukuran
g.
Indeks dari garis-garis ukur misalnya garis no. 1,
2, 3 dan seterusnya
h.
Keadaan udara pada waktu itu dan keadaan kenampakan
yang lain yang penting untuk ketelitian pekerjaan
Terdapat
pula prosedur pencatatan buku lapangan, agar tidak terjadi kesalahan dalam
pengisiannya. Berikut ini adalah prosedurnya:
a. Pencatatan harus teliti
dan jelas
b. Akan lebih mudah dalam
plotting bila garis-garis ukur diberi nomor
c. Skets lapangan harus jelas
dan juga titik-titik mana offset diukur.
d. Arah pengukuran jarak dari
ujung satu garis ukur ke ujung lain sesuai dengan tanda panah yang ditunjukkan
dalam skets
e. Hanya garis ukur dan garis
simpang yang disket dalam buku lapangan sedangkan garis-garis offset tidak
f. Suatu titik, disamping
diukur dengan offset sebaiknya dicek pula dengan suatu garis lain yang diukur
dari suatu titik kedua garis ukur ke titik tersebut
g. Sebaiknya diapakai pensil
H atau 2H
4.2.9 Penggambaran Hasil Pengukuran pada Peta (Plotting
the Survey)
Kerangka pengukuran
pertama dilakukan dengan pensil sebagai berikut :
a. Base Line (garis ukur
dasar)
Garis ukur dasar
diletakkan sedemikian rupa pada kertas gambar sehingga seluruh daerah yang
dipetakan akan dapat masuk pada kertas itu, panjangnya kemudian di skalakan
b. Segitiga-segitiga
Setiap segitiga
yang membentuk kerangka pengukuran digambar satu persatu, termasuk garis-garis
koreksinya
c. Offset
Pengukuran-pengukuran
offset dapat diplot dalam peta
d. Penggambaran detail
e.
Penggambaran halus
4.2.10
Mengatasi Problem Lapangan
Apabila
kerangka dari garis-garis ukur tidak dapat dibuat melalui tengah-tengah daerah
yang akan dipetakan. Misalnya, adanya danau, hutan, sungai, bagunan dan
lain-lain maka ada beberapa prosedur yang dapat dilaksanakan.
a. Halangan dalam membanjar.
Kadang-kadang di dalam membanjar, juru ukur tidak dapat berdiri di belakang
titik akhir, misalnya garis ukur itu harus dipasang diantara dua buah bangunan
atau diantara dua buah titik-titik yang tidak dapat ditempati. Untuk itu garis
ukur harus dipasang oleh dua titik (A dan B) yang masing-masing mengerjakan
pembidikan.
b. Metode yang sama
dikerjakan bila titik-titik akhir saling tidak keliharan dari masing-masing
titik. Untuk ini kedua pengamat harus berdiri di atas tanggul
4.6. PENUTUP
4.3.4
Tes Formatif dan Jawabannya
1. Jelaskan peranan
survei pendahuluan dalam susunan kerja ukur tanah !
Jawab: dengan melakukan survei pendahuluan seorang
surveyor mampu menangkap gambaran sekilas tentang medan/lapangan yang akan
diukur, sehingga dapat memberikan ide/gagasan untuk merancang survei yang
efektif, baik dari segi biaya, tenaga, dan waktu.
2.
Dalam pengukuran seorang
surveyor memerlukan buku lapangan untuk pengisian hasil pengukuran. Menurut
anda seberapa pentingkah kehadiran buku lapangan dalam kegiatan ukur tanah?
Jawab: Kehadiran
buku lapangan sangat penting dalam kegiatan ukur tanah. Walaupun teknologi
sudah semakin memudahkan manusia, namun kehadiran buku lapangan tidak dapat
dipisahkan. Ketika seorang surveyor mencatat hasil pengukurannya, dia akan
melakukan scanning untuk melihat keabsahan data yang telah dicatatnya, sehingga
dapat mendeteksi kesalahan secara dini.
4.3.5 Umpan Balik
Setelah
mempelajari materi pada bab ini mahasiswa telah mampu menerapkan prosedur dasar
untuk kegiatan lapangan, merancang titik-titik pengamatan, mengidentifikasi
problem lapangan dan memberikan solusinya.
4.3.6
Pengayaan
Ghilani,
C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics
(13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono,
S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing,
J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying),
Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro,
S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.
BAB
V
COMPASS SURVEYING
5.4. PENDAHULUAN
Dalam
bab ini akan dikemukakan tentang pemetaan dengan menggunakan kompas. Hal ini
berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran tanah.
Setelah mengikuti Bab V ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
· Mahasiswa mampu
melakukan compass surveying
· Mahasiswa dapat
mempertimbangkan penggunaan compass surveying
· Mahasiswa dapat
mengenali pengaruh lokal
5.5. PENYAJIAN
5.2.5
Prinsip Dasar Compass Surveying
Jika
dua buah garis ukur diperlukan dalam chain suveying untuk dimasukkan ke dalam
peta, maka garis ukur yang ketiga untuk membentuk segitiga harus pula
diukur.Akan tetapi jika arah dari kedua garis ukur itu (yang disebut magnetic
bearing) telah diketahui, maka tanpa garis ukur yang lainnya, kedua garis
tersebut akan dapat digambarkan.
Gambar 5.1
Prinsip dasar compass surveying
Dengan
meletakkan kompas pada perpotongan kedua garis ukur itu misalnya di A
(perpotongan garis ukur BA dan AC kita dapat melihat arah daripada garis BA dan
AC. Jika panjang AB dan sudut BAC dan panjang
AC yang telah diukur maka posisi relatif dari titik-titik B, A dan C akan dapat
diplottingkan ke dalam peta.
Proses
semacam tersebut di atas, dapat dilanjutkan melalui garis-garis ukur yang lain,
yang selain jarah diukur juga sudut arah (bearingnya) diukur dengan kompas,
garis ukur tersebut membentuk apa yang disebut
compass traverse, yang merupakan kerangkan dari pemetaan yang dibuat pada
daerah yang akan dipetakan. Jika serangkaian garis-garis ukur tersebut kembali
pada titik pemulaan, pengukuran dapat dicek, karena titik permulaan harus
berimpit dengan titik akhir.
Gambar
5.2 Compass Traverse Tertutup
Metode
ini disebut dengan dengan compass traverse yang tertutup (close traversing). Metode yang lain disebut compass traverse yang
terbuka (open traversing), bila titik
awal/permulaan tidak sama dengan titik terakhir.
Gambar
5.3 Compass Traverse Terbuka
Bentuk
lain dari Compass Traverse terbuka dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Pada
Gambar 5.4a terlihat bahwa titik A dan B merupakan titik-titik pasti, sedangkan
titik 1, 2, dan 3 adalah titik pengukuran. Sementara itu pada Gambar 5.4b titik
A merupakan titik pasti, titik 5 merupakan titik antara dalam compass traversing terbuka.
(a)
|
(b)
|
Gambar 5.4 Contoh Compass Traversing Terbuka dengan (a) 2 titik pasti dan (b) 1 titik
pasti
5.2.6
Kelebihan dan Kekurangan
Compass Traversing
Kelebihan compass traversing adalah sebagai
berikut:
•
Alat yang digunakan ringan dan mudah di bawa
(hanya pita ukur & kompas)
•
Pengukuran dapat lebih cepat.
•
Setiap bearing tidak tergantung pada bearing
dari observasi sebelumnya sehingga kesalahan tidak bertumpuk.
(a)
|
(b)
|
Gambar 5.5 Alat pengukuran dalam Compass
Traversing, (a) pita ukur dan (b) kompas
Di samping kelebihan di atas, compass traversing
memiliki kelemahan, yaitu:
•
Pembacaan kadang-kadang tidak teliti, sehingga
penggunaannya amat terbatas (pelengkap survei besar).
•
Sering terjadi adanya pengaruh medan magnit
setempat (local attraction) terhadap
gerak jarum kompas.
Survei pengenalan lapangan dalam kompas traverse
ini perlu dilakukan untuk menentukan posisi dari titik (station) pengamatan.
Harap diperhatikan :
·
Titik pengamatan dengan kompas harus jauh dari bangunan benda-benda yang dapat mempengaruhi
jarum kompas. Misal : pagar babi, gardu listrik.
·
Garis ukur (traverse log) yang pendek tidak perlu
dihindari.
·
Azimuth garis ukur dipilih sebaik mungkin sehingga
dapat mewakili titik-titik penting di lapangan untuk dapat menggambarkan
keadaan medan ke dalam ke atas gambar.
·
Garis ukur dan azimuth akan merupakan poligon
terbuka atau poligon tertutup.
·
Penempatan patok pada titik-titik penting.
5.2.7
Observasi Lapangan
Pada
waktu pengukuran sudut arah dengan kompas, supaya diusahakan dalam
keadaan horisontal, agar jarum kompas dapat leluasa bergerak. Pada titik
pertama kompas melalui visir diarahkan pada titik kedua, pembacaan dari titik 1
ke titik 2 disebut pembacaan pergi (forward bearing). Setelah pindah ke titik
2, dibaca lagi azimuth dari titik 2 ke titik 1 sebagai cek, pembacaan ini
disebut sebagai pembacaan pulang (back bearing). Sebagai ilustrasi perhatikan
Gambar 5.6 berikut ini.
Gambar 5.6
Ilustrasi pembacaan sudut pergi dan pulang
5.2.8
Pengaruh Lokal (Local Attraction)
Seperti
telah dikemukakan sebelumnya bahwa salah satu kelemahan metode compass
traversing adalah adanya pengaruh lokal medan magnet terhadap kompas. Pengaruh
setempat terhadap jarum kompas dapat disebabkan oleh pengaruh benda-benda yang
terbuat dari besi, metal, benda benda mengandung magnetis. Pengaruh ini perlu
diperhatikan, untuk selanjutnya digunakan untuk koreksi.
Contoh
azimuth dari AB = 50° (dibaca di titik A), kalau membaca azimuth dari titik B ke A, seharusnya arah ini akan
menunjukkan 230° (180° + 50°). Ternyata pada saat kompas membidik di titik B ke
titik A pembacaan azimuth tersebut = 220°. Dari kedua observasi ini jelas ada
pengaruh pada jarum kompas (local
attraction) tetapi belum diketahui dimana ada pengaruh local attraction ini di titik A atau B.
Kalau
jelas ada pengaruh sebanyak ini di titik A, maka setiap pembacaan di A harus
dikurangi 10° atau kalau local attraction ini jelas di B maka setiap pembacaan
di B harus ditambah 10° sehingga kesalahan dapat dibatalkan. Dari contoh di
atas dapat dilihat prinsip dalam menghilangkan effek dari local attraction
tersebut.
1) Koreksi yang sama harus dilakukan terhadap
tiap pembacaan pada stasiun berikutnya.
2) Pembacaan pergi dan pembacaan pulang dari satu
garis setelah dikoreksi harus berbeda 180°.
5.6. PENUTUP
5.3.4
Tes Formatif dan Jawabannya
1.
Berikut ini adalah hasil pengukuran lapangan dengan
menggunakan metode compass traversing
tertutup. Lengkapilah kolom isian untuk mengoreksi kesalahan yang disebabkan
oleh pengaruh lokal.
Garis Ukur
|
Jarak (M)
|
Azimuth pembacaan
|
Selisih Azimuth
|
Koreksi
|
Azimuth terkoreksi
|
AB
|
85
|
60.5
|
|
|
|
BA
|
230.25
|
|
|
||
BC
|
91
|
358
|
|
|
|
CB
|
182
|
|
|
||
CD
|
154
|
148.25
|
|
|
|
DC
|
328.25
|
|
|
||
DE
|
119
|
219
|
|
|
|
ED
|
44.5
|
|
|
||
EA
|
98
|
316.25
|
|
|
|
AE
|
137
|
|
|
Jawab:
Selisih Azimuth
|
Koreksi
|
Azimuth terkoreksi
|
169.25
|
-6.25
|
54.25
|
+4
|
234.25
|
|
176
|
+4
|
362
|
0
|
182
|
|
180
|
0
|
148.25
|
0
|
328.25
|
|
174.5
|
0
|
219
|
-5.5
|
39
|
|
179.25
|
-5.5
|
310.75
|
-6.25
|
130.75
|
2.
Sebut dan jelaskan kelebihan metode pengukuran compass traversing dibandingkan metode
yang lain !
Jawab: kelebihan metode compass traversing yaitu::
-
Alat yang digunakan ringan dan mudah di bawa
(hanya pita ukur & kompas)
-
Pengukuran dapat lebih cepat.
-
Setiap bearing tidak tergantung pada bearing
dari observasi sebelumnya sehingga kesalahan tidak bertumpuk
5.3.5
Umpan Balik
Setelah
mempelajari materi pada bab ini mahasiswa sudah dapat melakukan compass
surveying, mempertimbangkan penggunaan compass surveying, mengenali pengaruh
lokal pada saat melakukan compass surveying.
5.3.6
Pengayaan
Chandra,
A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type
Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani,
C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics
(13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono,
S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing,
J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying),
Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro,
S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.
BAB
VI
TRIGONOMETRICAL LEVELLING
6.4 PENDAHULUAN
Dalam
bab ini akan dikemukakan tentang pengukuran tanah dengan menggunakan prinsip-prinsip
trigonometri. Hal ini berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan
teknik-teknik pengukuran tanah. Setelah mengikuti Bab VII ini Hasil
Pembelajaran yang diharapkan adalah:
· Mahasiswa mampu
melakukan melakukan trigonometrical levelling dengan berbagai metode.
6.5 PENYAJIAN
6.2.4
Pengertian Trigonometrical Levelling
Trigonometrical
levelling adalah pengukuran ketinggian suatu objek dengan memanfaatkan
prinsip-prinsip trigonometri.
6.2.5
Metode Memanjang
Disebut
metode memanjang lebih karena dalam teknisnya di lapangan posisi alat (dua)
diletakkan sedemikian rupa sehingga terkesan segaris (memanjang) antara objek
alat 1 dan alat 2. juga lebih mudah karena hanya menggunakan perhitungan sudut
vertikal saja. Dapat dilihat pada Gambar 6.1 berikut ini, alat pengukuran
diletakkan pada titik A dan titik D, sementara itu objek berada pada titik B.
Gambar 6.1 Sket trigonometrical levelling metode
memanjang
Perhitungan
tinggi objek dilakukan dengan memanfaatkan prinsip trigonometri. Adapun
rumus-rumus perhitungannya adalah sebagai berikut. Data lapangan harus yang
diambil antara lain adalah jarak AD, tinggi alat (hi), sudut α, dan sudut β.
6.2.6
Metode Angular/Segitiga
Metode
ini disebut metode segitiga karena posisi alat membentuk sudut / segitiga
terhadap obyek yang diukur beda tingginya. Pada Gambar 6.2 berikut alat
pengukuran diletakkan di titik P dan Q, sedangkan objek adalah titik B.
Gambar 6.2 Sket trigonometrical levelling dengan metode
angular
Tinggi
objek sebenarnya dihitung pada masing-masing alat pengukuran dengan cara
sebagai berikut.
Gambar 6.3
Ilustrasi dan cara pengukuran tinggi objek dengan metode Angular
6.6 PENUTUP
6.3.4
Tes Formatif dan Jawabannya
1.
Terdapat hasil pengukuran trigonometrical levelling
sebagai berikut
A
|
B
|
C
|
P
|
α
|
β
|
TAB
|
TAA
|
T
|
α = 38°48’, β =
42°14’, dan jarak AB = 10,5 meter. Berapakah tinggi objek PC?
Jawab:
TdrA = AC.tgα +
TAA TdrB
= BC.tgβ + TAB
= 89,04.0,804 +
1,32 = 78,54.0,907 + 1,61
= 71,58 + 1,32 = 71,29 + 1,61
= 72,9 meter = 72,9 meter
2. Dalam suatu
pengukuran metode segitiga didapatkan hasil sebagai berikut:
α1 =
(360°-281°54’)+36°24’ = 114°30’
β1 =
270°23’-217°7’ = 53°16’
α2 = 90°-53°40’
= 36°20’
β2 = 90°-51°12’
= 38°48’
γ =
180°-(114°30’+53°16’) = 12°14’
Berapakah tinggi
objek?
Jawab:
=
=
c =
8,83 m
b =
33,63 m
a =
37,84 m
TdrA = b.tgδ1 + TAA
= 33,63.tg36°20’ + 1,39
=
33,63.0,73 + 1,39
=
24,55 + 1,39
=
25,94 m
TdrB = a. tgδ2 + TAB
= 37,84.tg38°48’ + 1,39
= 37,84.0,8 + 1,39
= 30,27 + 1,39
= 31,66 m
6.3.5
Umpan Balik
Setelah
mempelajari materi pada bab ini mahasiswa mampu melakukan melakukan pengukuran
tinggi objek dengan metode trigonometrical levelling.
6.3.6
pengayaan
Chandra, A.M.,
2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New
Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D.,
dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th
edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono, S.,
1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing, J.R.,
dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta,
Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro,
S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.
BAB
VII
WATERPASS PROFILING
7.4 PENDAHULUAN
Dalam
bab ini akan dikemukakan tentang pengukuran tanah dengan menggunakan waterpass.
Hal ini berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran
tanah. Setelah mengikuti Bab VI ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
· Mahasiswa mampu
menjelaskan kegunaan penampang melintang (profil).
· Mahasiswa dapat
membuat profil dengan menggunakan dua metode pengukuran.
7.5 PENYAJIAN
7.2.4
Penampang Melintang (Profil)
Profil
merupakan irisan atau penampang vertikal dari permukaan bumi yang dipotong oleh
suatu bidang datar. Kegunaan pembuatan profil dalam suatu wilayah antara lain
adalah untuk dapat memberikan gambaran secara jelas tentang konfigurasi
relative yang ada atau untuk maksud-maksud aplikatif ; seperti perencanaan
jalan, saluran irigasi, dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh penampang
melintang (Profil).
Gambar 7.1
Contoh penampang melintang suatu daerah
Dalam
pembuatan profil, maka beda tinggi (BT) antar titik permukaan bumi dan jaraknya
sangat diperlukan. Penggunaan alat/cara dengan kemampuan pengumpulan data beda
tinggi dan jaraknya tentu sangat diperlukan. Dari sekian alat/cara, penggunaan
waterpass ternyata lebih sering digunakan. Hal ini mungkin karena keunggulannya
dalam kecepatan pengukuran dan perhitungan yang sederhana.
7.2.5
Pembuatan Profil dengan
Metode Memanjang
Metode
memanjang dilakukan dengan cara membagi daerah yang akan dibuat profilnya
menjadi beberapa bagian, mirip dengan pelurusan hanya saja pada daerah yang
miring. Perhatikan Gambar 7.2 berikut untuk ilustrasi pengukurannya. Dalam
prakteknya alat waterpass dipindahkan menurut segmen yang telah ditentukan. Hal
ini tentunya agak menyulitkan, karena surveyor harus melakukan bongkar pasang
alat pada setiap segmen tersebut, apalagi jika medan yang akan dibuat profilnya
memiliki kemiringan yang terjal. Keunggulan metode ini adalah dapat memperoleh
hasil yang detil dan dapat memilih lokasi yang bebas gangguan.
I : tempat kedudukan alat
A-E : lereng yang akan dibuat profil
A,B,C,D,E : titik yang diamati
|
I
|
I
|
I
|
I
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
Gambar 7.2
Ilustrasi pembuatan profil dengan metode memanjang
Langkah-langkah
pembuatan profil dengan metode memanjang adalah sebagai berikut:
a) Menancapkan yallon pada titik yang akan diukur
(usahakan dari tempat yang mempunyai perbedaan lereng yang nyata), untuk
membantu pelurusan.
b) Meluruskan (Ranging)
titik-titik tersebut sehingga berada dalam satu garis lurus dan mewakili lereng
yang ada.
c) Meletakkan waterpas instrument diantara 2 baak
ukur (sejajar baak) pada titik yang diamati.
d) Melakukan pengukuran-pengukuran di dua titik,
yaitu depan dan belakang. Adapun yang diukur adalah:
• Jarak (d) antar titik pengukuran.
• Beda tinggi (BT) antar titik pengukuran
e)
Setiap kali memindah alat harus mengukur depan dan
belakang
f)
Menggambarkan profilnya dari hasil pengukuran.
7.2.6
Pembuatan Profil dengan
Metode Melintang
Metode
melintang dilakukan dengan cara membagi daerah yang akan dibuat profilnya
menjadi beberapa bagian, kemudian menentukan lokasi untuk peletakan waterpass.
Lokasi waterpass berada di luar garis ukur, namun diusahakan dapat menjangkau
semua titik pengukuran. Keunggulan metode melintang adalah tidak perlu
memindahkan alat sehingga mempercepat kerja lapangan. Namun demikian lokasi
peletakan alat harus dipikirkan terlebih dahulu, jangan sampai ada halangan
yang menggangu proses pengukuran. Ilustrasi pembuatan profil dengan metode
melintang dapat dilihat pada Gambar 7.3.
I : tempat kedudukan alat
A-E : lereng yang akan dibuat profil
A,B,C,D,E : titik yang diamati
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
Gambar
7.3 Ilustrasi pembuatan profil dengan metode melintang
Langkah-langkah
pembuatan profil dengan metode memanjang adalah sebagai berikut:
a)
Menancapkan yallon pada daerah yang akan diukur (usahakan cari
tempat yang mempunyai perbedaan lereng yang nyata).
b) Meluruskan (Ranging) titik-titik tersebut
sehingga berada dalam satu garis lurus dan mewakili lereng yang ada.
c) Meletakkan waterpass instrument pada
satu titik, sehingga semua titik-titik pengukuran dapat terlihat. Usahakan untuk dapat menjangkau semua titik tanpa
halangan apapun.
d) Menentukan arah utara magnetis
terlebih dahulu dengan cara :
·
Arahkan kompas pada titik nol utara magnetis.
·
Tancapkan yallon searah titik nol utara magnetis
·
Arahkan waterpass pada yallon tersebut
·
Catatlah sudut yang dihasilkan, sebagai “sudut
kunci” yang selanjutnya digunakan untuk mengurangi besarnya azimuth.
e) Lakukan
pengukuran-pengukuran :
·
Jarak (D) antar instrument (I) dengan titik
pengukuran
·
Beda tinggi (BT) antar instrument (I) dengan
titik-titik pengukuran
·
Jarak (d) antar titik pengukuran
Rumus yang digunakan : AB2
= AI2 + BI2 – 2.AB.BC.Cos AIB
·
Beda titik (BT) antar titik pengukuran
Rumus yang digunakan : AB = BTAI - BTBI
f)
Gambarkan profilnya dari hasil
pengukuran
7.6
PENUTUP
7.3.4 Tes Formatif dan Jawabannya
1.
Jelaskan apa itu penampang
melintang dan jelaskan pula manfaatnya !
Penampang
melintang adalah irisan dari suatu permukan bumi dengan yang digambarkan dalam
bidang 2 dimensi, dimana sumbu-x menunjukkan jarak penampang dan sumbu-y
menujukkan data ketinggian. Manfaat penampang melintang adalah untuk mengetahui
kemiringan dan topografi suatu daerah pada garis/penampang tertentu. Secara
aplikatif penampang melintang dapat digunakan untuk penentuan jalan baru dan
perencanaan saluran irigasi.
2.
Dari suatu pengukuran
profiling antara titik A-C dengan menggunakan waterpass, didapatkan hasil
sebagai berikut.
Titik pengamatan
|
Pembacaan depan
|
Pembacaan belakang
|
||||
Ca
|
Ct
|
Cb
|
Ca
|
Ct
|
Cb
|
|
AB
|
1360
|
1335
|
1310
|
1260
|
1240
|
1220
|
BC
|
1560
|
1527,5
|
1495
|
1200
|
1170
|
1140
|
Berapa jarak
horisontal antara titik A-C dan berapakah beda tingginya?
Jawab:
ü
DA-B
D
belakang = K.S D muka = K.S
=
100.(1260-1220) = 100.(1360-1310)
= 100.40 =
100.50
=
4000 mm = 5000 mm
DA-B = D belakang + D muka
= 4000+5000
= 9000 mm = 9 m
ü
DB-C
D
belakang = K.S D muka = K.S
= 100.(1200-1140) = 100.(1560-1495)
=
100.60 = 100.65
= 6000 mm = 6500 mm
DA-B = D belakang + D muka
= 6000+6500
= 12500 mm = 12,5 m
ü DA-C = DA-B
+ DB-C
= 9 +
12,5 = 21,5 meter
ü BTA-B
BT belakang = Ta1
– Ct BT muka = Ta1 – Ct
= 1310 – 1240 =
1310 – 1335
= 70 mm = - 25
mm
BTA-B = BT muka
- BT belakang
= -25 – 70
= -95 mm
ü BTB-C
BT belakang = Ta2
– Ct BT muka = Ta2 – Ct
= 1360 – 1170= 1360 – 1527,5
= 190 mm = - 167,5 mm
BTA-B = BT muka - BT belakang
= -167,5 – 190
= -357,5 mm
BTA-C
= BTA-B + BTB-C = -95 mm + -357,5 mm = -452,5 mm
7.3.5 Umpan Balik
Setelah mempelajari materi pada bab ini mahasiswa
mampu menjelaskan kegunaan penampang melintang (profil) dan dapat membuat
profil dengan menggunakan dua metode pengukuran.
7.3.6 Pengayaan
Chandra,
A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type
Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani,
C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics
(13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono,
S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing,
J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying),
Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro,
S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.
BAB
VIII
TACHEOMETRY
8.4 PENDAHULUAN
Dalam
bab ini akan dikemukakan tentang berbagai macam metode tacheometry. Hal ini
berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran tanah.
Setelah mengikuti Bab VIII ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
· Mahasiswa dapat
melakukan pengukuran tacheometry dengan metode stadia dan metode tangensial.
· Mahasiswa dapat
mengaplikasikan tacheometry di lapangan.
8.5 PENYAJIAN
Tacheometri
dari kata yunani takhus metron yang
artinya pengukuran cepat (swift measure).
Tacheometry ini merupakan cabang di dalam ilmu ukur tanah dimana ketinggian dan
jarak dari beberapa titik diamati dengan alat optik. Tacheometri adalah metode
survei yang digunakan untuk dengan cepat menentukan jarak horizontal, dan
ketinggian titik. Sistem tacheometri dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu
Sistem Stadia dan Sistem Tangensial.
8.2.5
Sistem Stadia – Pengamatan
Horisontal
Biasanya
digunakan pengukuran dengan cara waterpassing yaitu cara pengukuran untuk
menentukan beda tinggi. Secara langsung
dengan membuat garis bidik horisontal ke baak (rambu) vertikal. Alat yang digunakan adalah alat waterpass.
Gambar 8.1
Komponen pengukuran dalam waterpass
Jarak D = c + f + d
Sehingga
c + f disebut
konstanta penambah B
disebut konstanta
pengai A
Konstanta pengali A umumnya bernilai 100
Konstante penambah B kecil ± 30 cm, dengan pertolongan lensa forro dapat hilang
Sehingga rumus jarak dengan alat Waterpass adalah
D = 100.s
Dimana S = benang atas (Ca) – benang bawah (Cb)
Untuk pengukuran beda tinggi (BT), digunakan rumus
sebagai berikut
BT = TA – Ct
Dimana TA adalah tinggi alat dan Ct adalah
benang tengah
Pada
umumnya pengontrolan pembacaan rambu (bawah) adalah benang tengah (ct) = ½
(benang atas + benang bawah). Kalau
selisihnya mencapai 4 mm maka pembacaan harus diulang.
Seperti
alat ukur pada umumnya, waterpass harus diatur terlebih dahulu. Berikut ini
adalah langkah-langkah dalam mengatur dan menyetel alat waterpass. Sebelum alat
dipakai di lapangan harus memenuhi syarat penyetelan waterpass:
a.
Garis arah niveau tegak lurus dengan sumbu tegak
b.
Garis bidik teropong sejajar dengan garis arah niveau
c.
Benang silang mendatar diafragma harus tegak lurus
dengan sumbu tegak
Pengukuran dengan Waterpass
Terdapat tiga
jenis pengukuran dengan menggunakan waterpass, yaitu:
a. Waterpassing
memanjang
Dalam
pekerjaan ini mengingat route yang akan dialalui jaraknya
relatif jauh
b. Waterpassing
profil
Profil adalah
irisan/penampang dari permukaan tanah. Profil ini dipergunakan untuk
menggambarkan jalur-jalur yang memanjang seperti jalan raya, jalan kereta api
maupun pipa PAM. Profil memanjang ukuran panjang digambarkan dengan skala yang
lain dari ukuran tingginya. Uraian selengkapnya tentang waterpass profiling
dapat dibaca pada bab selanjutnya.
c.
Waterpassing lapangan (bidang)
Alat kita pasang memancang di tengah-tengah
yang akan kita petakan, kemudian kita bidik ke smua arah
8.2.6
Sistem Stadia - Pengamatan
Miring (incline sight)
Sistem
ini memungkinkan pengukuran yang lebih cepat, karena alat dapat digerakkan
secara vertikal. Contoh alat yang umum digunakan dalam sistem ini adalah
theodolite.
Gambar 8.2
Komponen pengukuran dalam theodolite
Beda tinggi yaitu beda tinggi yang akan dicari
antara O - P
Dalam pengamatan horisontal berlaku rumus :
D = K.s Dimana
K = 100, dan S = Ca – Cb
Pada pengamatan miring S, bukan AB, tetapi A’B’
Kalau sudut pengamatan mirip = α maka A’B’ dianggap
s cos α
A’X = s cos α
Jadi D = K.S cos α (1) dan
H = jarak horisontal = D cos α (2)
Dari (1) dan (2) maka :
H = K.s cos α cos α
H = K.s cos2 α Dimana
K = 100, dan S = (Ca-Cb)
Dari Gambar 7.2 dapat dketahui bahwa
Beda tinggi HI + VD – h , karena VD = H tg α, maka
Beda tinggi = HI + H.tg α -
h Kalau titik yang diincar lebih tinggi
* Hasil
posisitf
Beda tinggi = HI – H.tg α -
h Kalau titik yang diincar lebih rendah
* Hasil negatif
keterangan
s = Selisih
pembacaam kurve atas (ca) – kurva bawah
(cb)
h =
Pembacaan kurve tengah (ct)
HI = Tinggi
instrumen (alat tacheometer)
α = Sudut
pembacaan vertikal – 90
D = jarak
antara pusat alat I ke X (titik pembacaan kurve tengah)
V = komponen vertikal XY, yaitu tinggi antara
titik pembacaan kurve
H = jarak horisontal yang akan dicari antara
titik P – Q Beda tinggi yaitu beda tinggi a yang akan dicari antara p – q
8.2.7
Tacheometry dengan Metode
Tangensial
Dalam
metode ini pembacaan yang dilakukan adalah hanya pada kurva tengah saja dan
sudut vertikalnya. Pembacaan diulang dua kali, tetapi pada kurve tengah dan
sudut vertikal yang berbeda. Dengan menggunakan dua kurve tengah dan dua sudut
vertikal tersebut dapat dihitung Jarak horisontal dan Beda tinggi.
Kalau digunakan
: V = BY = H tg β, maka beda tinggi = H1 ± V - BX atau
Beda tinggi = H1 + H tg β – BX (BX
= ct2)
8.2.8
Series Levelling
Bila
jarak antar A dan B yang akan diukur beda tingginya, terlalu panjang hingga
mistar (baak) tidak dapat dilihat dengan terang, atau bila keadaan lapangan
sedemikian rupa, hingga garis sidik tidak memotong mistar karena jatuh di atas
atau dibawah mistar, maka terpaksalah jarak antara titik A dan B harus dibagi dalam
jarak-jarak yang lebih kecil, sehingga pengukuran dapat dilakukan dengan mudah
dan baik.
Gambar 8.3
series levelling jika terhalang bukit
8.6 PENUTUP
8.3.4
Tes Formatif dan Jawabannya
1.
Dalam sebuah pengamatan horisontal, titik A, B, dan
C ditentukan menjadi titik pengamatan. Alat waterpass diletakkan di A, lalu
dengan pembacaan sebagai berikut
Pembacaan baak
(mistar) di B sbb :
cb = 3253
ct = 2763
ca = 2807
Pembacaan baak
(mistar) di C sbb
cb = 4033
ct = 3420
ca = 2807
Soal: Carilah
jarak BC dan beda tinggi antara titik B dan C
Jawab:
Rumus jarak =
k.s , dimana k = 100
Jadi jarak AB =
100 x s --- > s = (cb-ca)
= 100 x (3252-2276) =
100 x 0976 mm
= 97600 mm =
97,6 m
Jadi jarak AC =
100 x s ------ > s = (cb-ca)
= 100 x 4033-2807) = 100
x 1226 mm
=
122600 mm = 122,6 m
Jadi, jarak B –
C = 122,6 m – 97, 6 m = 25 m
Beda tinggi B-C
selisih ct di B dan ct di C
Jadi beda tinggi
B -C = (2766 – 3420) m = 0697 mm
=
0,697 m
Titik B lebih
tinggi daripada titik C
2. Suatu alat
theodolite, diletakkan di titik A. Dari titik ini diincar (diamati) baak atau
mistar, dengan stadia system, di titik B dan C dengan hasil sbb.
Kedudukan alat
|
Titik yang diincar
|
Pembacaan sudut
|
Pembacaan baak (mistar)
|
|
Horisontal
|
Vertikal
|
|||
A
|
B
|
316022’
|
85030’
|
Ca
= 3000
Ct
= 2400
Cb
= 1800
|
|
C
|
7000’
|
94000’
|
Ca
= 1500
Ct
= 1000
Cb
= 0500
|
Berapa beda tinggi antara titik B dan C?
Jawab:
Sudut α dalam rumus H = K.s cos2α ,
dapat dicari
(α untuk B) = 90° – 86°30’) = + 3°30’ (B lebih
tinggi dari A)
(α untuk C) = 90° – 92°00’) = -2° (C lebih rendah dari A)
Jarak AB = K.s cos2α
(H) = 100. (3150 – 1730) cos2 (30 30’)
= 100.1420 cos2 3°30’
= 142.000 (0,9986)2
= 141,6 m
Beda tinggi A - B = H1 + H tg α - h
= 1360 + 141,6 tg 3°30’
= 1360 + 8,666 - 2440
= 7576 mm
= 7,576 m (B lebih tinggi dari A)
Jarak A-C = K.s cos2α
(H) = 100. (1570 – 0540) cos2 (20 00’)
= 100.1030 cos2 2°00’ = 10300. (0,9994)2
=102870 mm
=102,87 m
Beda tinggi A- C = H1 – H tgα - h
=
1350 – (102870.0.0349) – 1060
=
(1350 –3590 – 1060) ,,
=
-3.3 m (C lebih rendah dari A)
Jadi beda tinggi B - C = 7,576 m - (-3,3 m) = 10,876 m
8.3.5
Umpan Balik
Setelah
mempelajari materi pada bab ini mahasiswa dapat melakukan pengukuran
tacheometry dengan metode stadia dan metode tangensial, serta dapat
mengaplikasikannya di lapangan.
8.3.6
Pengayaan
Chandra,
A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type
Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani,
C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics
(13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono,
S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing,
J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying),
Jakarta, Penerbit Erlangga.
DAFTAR PUSTAKA
Chandra, A.M.,
2005, Surveying: Problem Solving with
Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International
Publishers.
Ghilani,
C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary
Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey,
Prentice Hall.
Suyono, S.,
1992, Pengukuran Topografi dan Teknik
Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing,
J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar
Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro,
S., 1991. Ilmu Ukur Tanah,
Yogyakarta, Penerbit Kanisus.
Komentar
Posting Komentar