Panduan Laporan Praktek Ilmu Ukur Tanah

BUKU PANDUAN PRAKTIKUM
MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH






Di Susun Oleh :
DEDDY KURNIAWAN, ST, MT








PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT
BUKITTINGGI
2017
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis peanjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat dan rahmatnya hingga Rencana Buku Ajar Matakuliah Ilmu Ukur Tanah dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yag ditetapkan. Buku ini disusun khusus hanya untuk keperluan mahasiswa geografi.
Buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para mahasiswa dalam mengikuti kuliah Ilmu Ukur Tanah dan berguna bagi pengajar sebagai panduan dalam perkuliahan maupun dalam evaluasi pembelajaran.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih pada Universitas Gadjah Mada yang telah memberikan dana untuk penyusun buku ajar, tim dosen pengasuh matakuliah Ilmu Ukur Tanah yang telah memberi bahan penyusunan buku ajar, Dekan Fakultas Geografi dan Ketua Jurusan Sains Informasi Geografis yang telah menyetujui penulis untuk menyusun buku ajar ini.
Akhirnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ajar matakuliah Ilmu Ukur Tanah.



Bukittinggi, 22 Januari 2017

Penulis





DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.................................................................................................. ii
DAFTAR ISI................................................................................................................. iii
TINJAUAN MATAKULIAH...................................................................................... 1
A.  Deskripsi Singkat...................................................................................................... 1
B.   Manfaat Matakuliah................................................................................................. 1
C.  Tujuan Pembelajaran................................................................................................ 1
D.  Susunan Bahan Ajar................................................................................................. 1
E.   Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar.......................................................................... 3
F.    Kegiatan Belajar Mingguan ..................................................................................... 3
BAB I ILMU UKUR TANAH..................................................................................... 6
1.1    PENDAHULUAN................................................................................................. 6
1.2    PENYAJIAN........................................................................................................... 6
1.2.1   Pengertian dan Tujuan................................................................................ 6
1.2.2   Proses dalam Ukur Tanah........................................................................... 7
1.2.3   Survei Pendahuluan (Reconnaissance Survey).......................................... 7
1.2.4   Pengukuran................................................................................................... 9
1.2.5   Kontrol dan Pengujian................................................................................ 9
1.2.6   Tugas/kewajiban SeorangSurveyor........................................................... 9
1.3    PENUTUP .............................................................................................................. 10
1.3.1     Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 10
1.3.2     Umpan balik................................................................................................. 11
1.3.3     Pengayaan .................................................................................................... 11
BAB IITIPE DAN UNIT UKURAN........................................................................... 12
2.1    PENDAHULUAN................................................................................................. 12
2.2    PENYAJIAN........................................................................................................... 12
2.2.1   Angular (sudut)............................................................................................. 12
2.2.2   Distance (Jarak)............................................................................................ 15
2.2.3   Pengukuran pada Bidang Datar................................................................. 15
2.2.4   Pengukuran pada Bidang Miring............................................................... 16
2.2.5   Sumber-sumberkesalahan pada pengukuran langsung.......................... 18
2.3    PENUTUP .............................................................................................................. ...... 18
2.3.1   Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 18
2.3.2   Umpan Balik................................................................................................. 19
2.3.3   Pengayaan                                                                                                      19
BAB IIICHAIN SURVEYING....................................................................................... 20
3.1    PENDAHULUAN................................................................................................. 20
3.2    PENYAJIAN........................................................................................................... 20
3.2.1   Prinsip Dasar Chain Surveying.................................................................. 20
3.2.2   Offsets........................................................................................................... 21
3.2.3   Prosedur dalam Pengukuran Garis Offset............................................... 23
3.2.4   Panjang Maksimum Offset......................................................................... 24
3.3    PENUTUP .............................................................................................................. 24
3.3.1   Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 24
3.3.2   Umpan Balik................................................................................................. 25
3.3.3   Pengayaan                                                                                                      25
BAB IVKERJA LAPANGAN...................................................................................... 26
4.1.  PENDAHULUAN................................................................................................. 26
4.2.  PENYAJIAN........................................................................................................... 26
4.2.1   Pemilihan Stasiun/Titik Pengamatan........................................................ 26
4.2.2   Stasiun/Titik Pengamatan........................................................................... 27
4.2.3   Buku Lapangan (Field Notes)...................................................................... 27
4.2.4   Penggambaran Hasil Pengukuran pada Peta (Plotting the Survey)....... 28
4.2.5   Mengatasi Problem Lapangan.................................................................... 29
4.3.  PENUTUP .............................................................................................................. 29
4.3.1   Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 29
4.3.2   Umpan Balik................................................................................................. 30
4.3.3   Pengayaan                                                                                                      30
BAB VCOMPASS SURVEYING.................................................................................. 31
5.1.  PENDAHULUAN................................................................................................. 31
5.2.  PENYAJIAN........................................................................................................... 31
5.2.1   Prinsip Dasar Compass Surveying.............................................................. 31
5.2.2   Kelebihan dan Kekurangan Compass Traversing .................................. 33
5.2.3   Observasi Lapangan.................................................................................... 34
5.2.4   Pengaruh Lokal (Local Attraction)............................................................. 35
5.3.  PENUTUP .............................................................................................................. 36
5.3.1   Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 36
5.3.2   Umpan Balik................................................................................................. 38
5.3.3   Pengayaan .................................................................................................... 38
BAB VITRIGONOMETRICAL LEVELLING.............................................................. 39
6.1    PENDAHULUAN................................................................................................. 39
6.2    PENYAJIAN........................................................................................................... 39
6.2.1   Pengertian Trigonometrical Levelling........................................................ 39
6.2.2   Metode Memanjang..................................................................................... 39
6.2.3   Metode Angular/Segitiga............................................................................ 40
6.3    PENUTUP............................................................................................................... 41
6.3.1   Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 41
6.3.2   Umpan Balik................................................................................................. 43
6.3.3   Pengayaan                                                                                                      43
BAB VII WATERPASS PROFILING.......................................................................... 44
7.1    PENDAHULUAN................................................................................................. 44
7.2    PENYAJIAN........................................................................................................... 44
7.2.1   Penampang Melintang (Profil)................................................................... 44
7.2.2   Pembuatan Profil dengan Metode Memanjang........................................ 45
7.2.3   Pembuatan Profil dengan Metode Melintang.......................................... 46
7.3    PENUTUP .............................................................................................................. 47
7.3.1   Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 47
7.3.2   Umpan Balik................................................................................................. 49
7.3.3   Pengayaan .................................................................................................... 49
BAB VIIITACHEOMETRY........................................................................................... 50
8.1    PENDAHULUAN................................................................................................. 50
8.2    PENYAJIAN........................................................................................................... 50
8.2.1   Sistem Stadia – Pengamatan Horisontal................................................... 50
8.2.2   Sistem Stadia - Pengamatan Miring (incline sight).................................. 52
8.2.3   Tacheometry dengan Metode Tangensial................................................. 54
8.2.4   Series Levelling............................................................................................ 54
8.3    PENUTUP............................................................................................................... 55
8.3.1   Tes Formatif dan Jawabannya.................................................................... 55
8.3.2   Umpan Balik................................................................................................. 57
8.3.3   Pengayaan .................................................................................................... 57
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 58


















TINJAUAN MATAKULIAH

G.  Deskripsi Singkat
Matakuliah Ilmu Ukur Tanah merupakan matakuliah wajib pada Program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh.  Substansi utama mata kuliah Ilmu Ukur Tanah adalah mengajarkan dasar-dasar ukur tanah (surveying) untuk tujuan pemetaan.
Kuliah ini bertujuan untuk dapat memahami cara-cara survei yang tepat menurut daerah yang akan dipetakan dan ketersediaan alat pengukuran.  Materi yang diberikan adalah: dasar-dasar ukur tanah, tipe dan unit ukuran, macam-macam teknik survei, chain surveying, compass surveying, waterpass profiling, trigonometrical levelling, dan series levelling.

H. Manfaat Matakuliah
Dengan mengikuti mata kuliah Ilmu Ukur Tanah diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk kegiatan suvei pemetaan baik untuk tugas akhir/skripsi, maupun digunakan pada saat sudah masuk dunia kerja.

I.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti mata kuliah Kartografi Temarik mahasiswa mampu melaksanakan :
-     Memahami prinsip dasar dalam Ilmu Ukur Tanah
-     Memiliki keterampilan dalam melakukan ukur tanah, yaitu suatu tindakan untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dari bentuk-bentuk di permukaan bumi dengan cara pengamatan dan pengukuran serta menggambarkan hasil pengamatan dan pengukuran tersebut di atas kertas (bidang datar).

J.     Susunan Bahan Ajar
I.        I. ILMU UKUR TANAH
1.1  Pengertian dan Tujuan
1.2  Proses dalam Ukur Tanah
1.3  Survei Pendahuluan
1.4  Pengukuran
1.5  Kontrol dan Pengujian
1.6  Tugas/Kewajiban Seorang Surveyor
II.     TIPE DAN UNIT UKURAN
2.1  Angular (sudut)
2.2  Distance (jarak)
2.3  Pengukuran pada Bidang Datar
2.4  Pengukuran pada Bidang Datar
2.5  Sumber Kesalahan pada Pengukuran Langsung
III.   CHAIN SURVEYING
3.1  Prinsip pada Chain Surveying
3.2  Offsets
3.3  Prosedur dan Pengukuran Garis Offsets
3.4  Panjang Maksimum Offsets
IV.  KERJA LAPANGAN
4.1  Pemilihan Stasiun/Titik Pengamatan
4.2  Titik-titik Pengamatan
4.3  Buku Lapangan
4.4  Penggambaran Hasil Pengukuran pada Peta
4.5  Mengatasi Problem Lapangan
V.     COMPASS SURVEYING
5.1  Prinsip dari Compass Surveying
5.2  Kelebihan dan Kekurangan Compass Surveying
5.3  Observasi Lapangan
5.4  Pengaruh Lokal
VI.  TRIGONOMETRICAL LEVELLING
6.1  Pengertian Trigonometrical Levelling
6.2  Metode Memanjang
6.3  Metode Segitiga (Angular)
VII.          TACHEOMETRY
7.1  Sistem Stadia – Pengamatan Horisontal
7.2  Sistem Stadia  – Pengamatan Miring
7.3  Tacheometry dengan Metode Tangensial
7.4  Series Levelling
VIII.  WATERPASS PROFILING
8.1 Penampang Melintang
8.3 Pembuatan Profil dengan Metode Memanjang
8.3 Pembuatan Profil dengan Metode Melintang

K.  Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar
Buku bahan ajar ini disusun sesuai dengan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) matakuliah Kartografi Dasar. Terdapat 8 bab yang masing-masing memiliki format sama, yaitu terdiri dari pendahuluan, penyajian dan penutup. Bahan ajar berfungsi sebagai buku panduan untuk kegiatan perkuliahan, namun demikian mahasiswa/i tetap disarankan untuk membaca buku referensi yang lebih komprehensif, yang telah dicantumkan dalam daftar pustaka.
Bagian awal buku ini membicarakan tentang dasar-dasar Ilmu Ukur Tanah serta tanggung jawab seorang surveyor. Kemudian anda akan memasuki bab yang membahas tentang pengukuran lapangan dengan metode chain surveying.
Bagian tengah mengutarakan tentang desain kerja lapangan seorang surveyor dan pengukuran dengan metode compass surveying. Sementara itu pada bagian akhir terdapat uraian tentang waterpass profiling, trigonometrical levelling, dan tacheometry.













BAB I
ILMU UKUR TANAH

1.4    PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang dasar-dasar dan pengertian ukur tanah serta hal apa saja yang harus dilakukan seorang surveyor. Hal ini berfungsi untuk mendukung pengetahuan mahasiswa dalam memahami kegiatan ukur tanah baik saat di laboratorium maupun saat di lapangan. Setelah mengikuti Bab I ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·      Mahasiswa mampu mendefinisikan pengertian dan tujuan ukur tanah
·      Mahasiswa mampu menerapkan proses ukur tanah di lapangan
·      Mahasiswa mampu melakukan pengukuran dan mengetahui tanggung jawab surveyor

1.5    PENYAJIAN
Definisi dari surveying ialah suatu tindakan untuk mendapatkan gambaran umum dengan observasi dan pengukuran untuk menentukan batas-batas, ukuran, posisi, jumlah, kondisi, nilai dan sebagainya dari seseatu objek, misalnya : permukaan tanah, perkebunan, bangunan, pertanian, pertambangan dan lain-lain

1.2.7   Pengertian dan Tujuan
Ilmu Ukur Tanah (Land surveying) adalah suatu tindakan untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dari bentuk-bentuk di permukaan bumi dengan jalan pengamatan dan pengukuran serta menggambarkan hasil pengamatan dan   pengukuran tersebut ke atas kertas gambar (bidang datar).
Land surveying adalah bagian dari ilmu yang lebih luas yang dinamakan ilmu geodesi. Land surveying memiliki dua maksud :
1.  Maksud ilmiah, yaitu menentukan bentuk permukaan bumi termasuk survei astronomi, penentuan titik triangulasi, gaya berat bumi.
2.  Maksud praktis, yaitu membuat peta dari sebagian besar atau sebagian kecil permukaan bumi.

1.2.8   Proses dalam Ukur Tanah
Terdapat tiga tahapan utama dalam kerja ukur tanah, yaitu:
a.    Melihat gambaran secara umum (taking a general view)
Hal ini merupakan tahap reconnaiscance survey yaitu untuk mendapatkan gambaran umum terhadap daerah yang akan dipetakan sehingga dapat ditentukan langkah-langkah kerja pengukuran, metode pengukuran yang akan digunakan, jumlah tenaga lapangan surveyor yang dibutuhkan biaya serta waktu yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
b.    Observasi dan pengukuran (observation and measurement)
Pengukuran dilakukan untuk mendapatkan hubungan letak/ posisi antara titik-titik yang satu dengan yang lain, dengan menentukan ukuran jarak, sudut horisontal, kadang-kadang diperlukan pula letak vertikal antara titik terhadap titik yang lain.  Posisi yang dimaksudkan dapat posisi relatif ataupun absolut.  Dalam tahap ini diperlukan pengertian yang cukup tentang penggunaan alat, spesifikasi alat ukur serta metode pengukuran.
c.    Penyajian(presentation)
Dalam setiap survei data yang telah dikumpulkan harus disajikan dalam suatu bentuk peta dengan simbol yang memudahkan bagi orang lain untuk mengetahui hasil pengukuran yang telah disajikan dalam bentuk grafik/profil ataupun bentuk peta.

1.2.9   Survei Pendahuluan (Reconnaissance Survey)
Survei pendahuluan merupakan tindakan yang harus diambil seorang surveyor sebelum melakukan pengukuran. Dalam melakukan survei pendahuluan terdapat tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu :
a.  Mengetahui maksud dan tujuan survei
Mengetahui maksud dan tujuan survei sebelum menentukan metodenya pengukuran penting, karena masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Terdapat 4 cabang ilmu ukur tanah yang penting, walaupun saling overlap, yaitu:
1)  Survei geodesi (geodetic surveying)
Survei ini meliputi daerah yang mencakup skope nasional bahkan meliputi pengukuran ukuran-ukuran bumi.  Survei geodesi memiliki ketelitian tinggi dan daerah yang tercakup melebihi luas 55 x 55 km2, dimana  bidang proyeksi bukan lagi di bidang datar tetapi pengaruh lengkung bumi perlu diperhatikan.
Titik yang diukur misalnya titik triangulasi ditentukan dengan ketelitian sangat tinggi. Titik ini penting untuk titik kontrol bagi survei-survei pada geodesi rendah.  Survei ini biasanya dimaksudkan untuk pembuatan peta dasar nasional.
2)  Survei topografi (Topographical surveying)
Survei ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran bentuk permukaan bumi, baik kenampakan fisikal (natural features) maupun  kenampakan kultural (artifical features).  Daerah yang tercakup tidak melebihi jarak 55 x 55 km2, sehingga pengaruh lengkungan bumi sudah tidak terlalu berpengaruh. Posisi  relatif pengukuran horisontal dan vertikal dapat dibaca dari peta.
3)  Survei kadaster (Cadastral surveying)
Survei kadaster digunakan untuk menentukan batas-batas hak milik perseorangan, tanah-tanah milik negara dan batas-batas desa dan biasanya mencakup daerah sempit.
4)  Survei bidang teknik (Engineering or site surveys)
Survei bidang teknik dilaksanakan untuk menentukan posisi dalam rencana bagan dari proyek, jadi disini dibutuhkan data khusus yang dapat dipakai untuk menunjang rencana pembuatan proyek.
Survei ini termasuk survei detail antara lain untuk rencana pembuatan saluran irigasi, bendungan, jalan raya, pelabuhan dan sebagainya.  Biasanya meliputi daerah sempit di sekitar rencana proyek.
b.  Mengetahui ketelitian yang diperlukan
Hal ini tergantung pada metode yang digunakan dan skala peta yang akan dibuat.  Peta skala besar umumnya menyajikan ketelitian tinggi dibandingkan dengan peta skala kecil.  Misalnya skala 1:10.000 ukuran 1 meter sulit untuk digambarkan.
c.  Menetapkan metode pengukuran yang sesuai
Dalam survei pendahuluan, titik-titik pokok pengamatan harus ditentukan, yang dapat mewakili seluruh medan/daerah yang akan dipetakan. Jadi dalampemilihan stasiun/titik pengamatan harus mempertimbangkan kedudukan setiap titik pengukuran di lapangan.

1.2.10              Pengukuran
Pengukuran dalam ukur tanah terdiri dari 2 bentuk, yaitu :
a.  Linear, yaitu pengukuran jarak antara dua titik atau lebih di permukaan bumi
b.  Angular, yaitu pengukuran sudut/arah antara garis-garis ukur atau antara garis-garis tertentu baik secara horisontal maupun vertikal.

Salah satu atau kedua-duanya bentuk pengukuran ini digunakan dalam 4 metode basis dalam ukur tanah yaitu :
a)   Chain Surveying (Pengukuran berantai)
b)   Triangulation (Triangulasi)
c)    Levelling
d)   Traversing  (Compass Traversing dan Theodolite Traversing)

1.2.11              Kontrol dan Pengujian
Ada 2 prinsip yang harus diperhatikan untuk penetapan metode pengukuran.
a.    Prinsip pertama, adalah menetapkan sistem stasiun pengukuran dimana posisi titik tersebut ditetapkan dengan ketelitian yang tinggi.  Misalnya titi-titik pokok diikatkan kepada titik triangulasi yang diukur secara teliti.  Titik-titik ini disebut titik kontrol atau titik pasti.  Pada  pengukuran detail di antara titik kontrol tersebut bila terjadi kesalahan akan dapat diketahui dan dibenarkan.
b.    Prinsip kedua, adalah semua pekerjaan survei harus diuji sehingga dapat diketahui sebelum pengukuran selanjutnya dilaksanakan.  Misalnya arah  AB=100°, maka arah BA setelah dicek harus (180 + 100 = 280°).

1.2.12              Tugas/kewajiban SeorangSurveyor
Setiap pekerjaan umumnya memiliki kode etik yang wajib diamalkan oleh pekerjanya. Begitu pula dalam pekerjaan ukur tanah yang menuntut ketelitian pengukuran. Berikut ini adalah beberapa kewajiban dasar seoran surveyor.
a)   Kerja lapangan dan Laboratorium
-  Pengukuran linear dan sudut
-  Mempersiapkan rencana, melakukan hitungan hitungan dan gambar
b)   Menggunakan dan merawat peralatan ukur tanah (Handasah)
-  Khusus level dan theodolite
-  Cermat/hati-hati : alat ukur berharga mahal
-  Tidak dapat diperbaiki di sembarang tempat
c)    Sebelum mengambil alat dari kotak perhatikan posisinya secara baik dan benar  misalnya pada waktu mengembalikan lengan kaki tiga. Setelah selesai menggunakan alat, dikembalikan dalam kotak dalam posisi yang benar, agar alat tidak rusak.
d)   Bila alat didirikan di Jalan atau di tempat yang anginnya kuat tidak boleh ditinggal. Hindarkan alat dari sinar matahari dan hujan dengan menggunakan alat peneduh (misalnya payung). Lensa alat pengukuran tidak boleh panas, maka jika dalam kondisi tidak melakukan pengukuran dalam waktu yang cukup lama sebaiknya ditutup.

1.6    PENUTUP
1.3.4     Tes Formatif dan Jawabannya
1.    Mengapa seorang surveyor perlu melakukan survei pendahuluan (reconnaissance survey) sebelum melakukan kerja lapangan?
Jawab: Karena dalam survei pendahuluan seorang surveyor mampu menentukan rencana kerja secara lebih sistematis, sehingga kerja lapangan dapat berjalan secara efektif. Adapun langkah-langkahnya adalah: Menentukan tujuan survei, Menentukan ketelitian yang diinginkan, lalu Menentukan metode yang sesuai.
2.    Dalam proses ukur tanah terdapat tahapan Taking a general view. Jelaskan maksud dari tahapan tersebut !
Jawab: Hal tersebut dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan gambaran umum terhadap daerah yang akan dipetakan sehingga dapat ditentukan langkah-langkah kerja pengukuran, metode pengukuran yang akan digunakan, jumlah tenaga lapangan surveyor yang dibutuhkan, biaya serta waktu yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
3.    Jelaskan hubungan antara skala peta yang dihasilkan dengan ketelitian pengukuran di lapangan !
Jawab: Peta skala tinggi menuntut kedetilan objek yang tinggi pula, sehingga dalam survei lapangan sebaiknya menerapkan titik pengukuran yang banyak pula. Sebaliknya untuk peta skala kecil, jumlah titik pengukuran relatif lebih sedikit namun dengan jarak antar titik yang jauh.

1.3.5     Umpan balik
Setelah mempelajari materi pada bab ini mahasiswa telah dapat mendefinisikan pengertian dan tujuan ukur tanah, menerapkan proses ukur tanah di lapangan,dan mengetahui tanggung jawab surveyor.

1.3.6     Pengayaan
Chandra, A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono, S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wongsotjitro, S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.
LSRF: http://www.lsrp.com/












BAB II
TIPE DAN UNIT UKURAN

2.4    PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang unsur-unsur pengukuran yang digunakan dalam ukur tanah.Hal ini berfungsi untuk mendasari mahasiswa dalam memahami cara penulisan dan pembacaan unsur-unsur pengukuran dengan benar. Setelah mengikuti Bab II ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·       Mahasiswa dapat mengoperasikan alat-alat survey (theodolite, waterpass, T0, dll)
·       Mahasiswa dapat melakukan pengukuran sudut
·       Mahasiswa dapat melakukan pengukuran panjang
·       Mahasiswa dapat melakukan pengukuran jarak diantara dua titik
2.5    PENYAJIAN
2.2.6   Angular (sudut)
Dasar untuk menentukan besaran sudut ialah lingkaran yang memiliki total sudut 360°. Sudut 0° atau 360° ditentukan menunjuk pada arah utara. Peralatan dasar yang digunakan untuk mengukur sudut adalah kompas, dimana arah utara yang ditunjuk merupakan utara magnetis. Hal tersebut perlu diperhatikan karena terdapat perbedaan antara arah utara magnetis dengan arah utara sebenarnya, yang disebut sebagai sudut deklinasi. Arah utara magnetis di setiap tempat berbeda, karena dipengaruhi oleh medan magnet pada lokasi tersebut.
]
Gambar 2.1 Ilustrasi antara arah utara magnetis dengan arah utara sebenarnya
Sudut yang diukur dalam survei dapat diklasifikasikan sebagai horisontal atau vertikal, tergantung pada bidang yang diamati. Sudut horisontal adalah pengamatan dasar yang dibutuhkan untuk menentukan bearing dan azimuth. Sudut vertikal digunakan dalam leveling trigonometri dan untuk memperhitungkan kemiringan bidang dalam pengukuran jarak.
Pada dasarnya cara pembacaan sudut adalah searah jarum jam (bernilai positif) kemudian dibaca berapa sudutnya. Jika arah pengukuran melawan arah jarum jam maka sudut bernilai negatif.
Gambar 2.2 Prinsip dasar pembacaan sudut

Penulisan pembacaan sudut dapat bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan surveyor, namun secara umum terdapat dua metode pembacaan dasar yaitu sebagai berikut:
a)   Metode Bearing(Reduced Bearing)
Pada metode ini lingkaran dibagi menjadi empat bagian yang disebut sebagai kuadran (Lihat Gambar 2.3). Penentuan pembacaan sudut sesuai dengan kuadran tempat dimana sudut tersebut terukur. Dengan demikian dengan metode ini rentang sudut hanya 0° – 90° saja. Selain menyebutkan sudutnya, disebutkan pula arah mata anginnya. Disini arah Utara dan Selatan digunakan sebagai petunjuk arah utama, sedangkan arah Barat dan Timur merupakan petunjuk pelengkapnya.
Keterangan pembacaan:
1.   Sudut A = N 45° E
2.   Sudut B = N 55° W
3.   Sudut C = S 60° W
4.   Sudut D = S 50° E
Gambar 2.3 Ilustrasi pengukuran sudut dengan metode bearing

b)   Metode Azimuth (Whole Circle Bearing)
Pada metode ini lingkaran tidak lagi dibagi menjadi empat bagian, namun sebagai satu lingkaran utuh, dengan arah utara sebagai titik awal pengkurannya. Dengan metode ini surveyor tidak perlu menuliskan keterangan arah pada sudutnya, karena sudah terdapat acuan. Sudut diukur dengan arah pengukuran searah jarum jam.
Keterangan pembacaan:
1.   Sudut A = 45°
2.   Sudut B = 305°
3.   Sudut C = 240°
4.   Sudut D = 130°
Gambar 2.4 Ilustrasi pengukuran sudut dengan metode azimuth



2.2.7   Distance (Jarak)
Satuan jarak memang berbeda-beda di setiap negara, ada yang menggunakan sistem metrik dan ada pula yang menggunakan sistem non-metrik. Pengukuran di Negara Indonesia umumnya menggunakan satuan metrik, sehingga dalam ukur tanah digunakan pula satuan metrik. Pengukuran jarak dalam ukur tanah dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa macam alat, yaitu:
a.    Pengukuran langsung dengan meteran
b.    Pengukuran optis dengan waterpass atau theodolite
c.    Pengukuran elektronis dengan menggunakan EDM atau Laser
d.   Pengukuran dengan menggunakan gelombang radio, misal: GPS

Metode pengukuran langsung yang dilaksanaan sangat tergantung pada ketelitian yang diperlukan.  Akan membuang waktu dan biaya apabila kita melaksanakan pengukuran teliti, tetapi hanya sedikit ketelitian yang kita perlukan, sebaliknya tidak ada gunakanya mencoba dan mencapai ketelitian tinggi dengan hanya menggunakan alat ukur rantai atau pita ukur dari bahan plastik. Pita ukur dari baja biasanyanya lebih tinggi ketelitiannya dibandingkan dengan pita dari plastik.

2.2.8   Pengukuran pada Bidang Datar
Jika ingin mengukur jarak antara dua titik, maka panjang jarak yang lurus yang kita kehendaki. Hal tersebut tidak sulit diukur apabila jarak yang kita ukur kurang (lebih pendek) dari pita ukur yang kita pakai untuk mengukur. Lain halnya bila jarak yang diukur tersebut, panjangnya melampaui pita ukur yang kita pakai, di sini perlu sekali dibantu oleh sejumlah ranging rods untuk mengontrol posisi dari pita ukur agar tetap pada garis lurus. Ranging rods biasanya terbuat dari besi atau kayu yang dicat dengan warna merah dan putih, diseling tiap 25 cm, panjang yalon biasanya antara 2 - 2.5 m, dapat berbentuk segitiga, segiempat, atau bulat dengan diameter 30 cm dan runcing di ujung bawahnya. Proses peletakan ranging rods pada garis lurus anatar dua titik tersebut disebut me-ranging (membanjar = meluruskan garis ukur).

Seperti terlihat pada Gambar 3.1, pengukuran antara titik AB dibagi menjadi 3 bagian dengan melakukan pelurusan, dimana pada tiap bagiannya ditandai dengan ranging rods.
Gambar 3.1 Metode pelurusan menggunakan Ranging Rods

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam metode pelurusan perlu beberapa langkah-langkah sebagai berikut:
a.  Tancapkan yallon pada tiap ujung dari garis ukur antara dua titik misalnya titik AB, dengan kedudukan vertikal.
b.  Dengan sedikit membungkuk badan di belakang di A untuk mendapatkan garis pandangan yang rendah, mengincar kedua sisi yallon-yallon tersebut
c.  Dengan pertolongan seorang pembantu peganglah sebuah yalon dan letakkan kira-kira pada garis AB sejauh panjang pita ukur dan diletakkan vertikal dengan ibu jari dan telunjuk.
d.  Dengan mengincar sisi yalon di A, instruksikan pada pembantu, bergerak ke kanan atau ke kiri, sampai tiga yallon tersebut segaris dan baru yallon ditancapkan.
e.  Dengan cara yang sama dilakukan lagi beberapa pelurusan, jika jarak AB demikian panjang.

2.2.9   Pengukuran pada Bidang Miring
Pengukuran jarak umumnya dianggap sebagai yang paling mendasar dalam kegiatan pengukuran. Dalam bidang ukur tanah, selain membaca sudut-sudut, diperlukan minimal satu jarak diantara dua titik untuk dapat melakukan perhitungan selanjutnya. Dalam survei ukur tanah, jarak antara dua titik berarti jarak horisontal. Jika titik-titik berada pada ketinggian yang berbeda, jarak adalah panjang horizontal antara titik-titik tersebut. Terdapat dua cara dalam menentukan jarak antara dua titik pada bidang miring, yaitu:

a.    Pengukuran Per Bagian
Dengan cara ini pengukuran dilakukan secara bertahap, untuk kemudian dijumlahkan (Lihat Gambar 2.5). Jarak horisoltal antara titik A dan titik B adalah hasil penjumlahan pengukuran pada bagian 1, 2, 3, dan 4.
Gambar 2.5 Pengukuran jarak horisontal per bagian

b.    Pengukuran dengan Bantuan Sudut
Dengan cara ini pengukuran dilakukan pada bidang miringnya, kemudian mengukur sudut vertikal dari bidang miring tersebut. Jarak pada bidang miring dapat diukur dengan menggunakan pita ukur, kemudian sudut vertikal dapat diukur dengan menggunakan kompas, klinometer, atau abney level. Kemudian jarak horisontal maupun beda tinggi dapat dihitung dengan menggunakan rumus (lihat Gambar 2.6)

Gambar 2.6 Pengukuran jarak horisontal dengan bantuan sudut

2.2.10              Sumber-sumber kesalahan pada pengukuran langsung
Pengukuran secara langsung memiliki tingkat gangguan yang besar, diantaranya disebabkan oleh:
1.    Pegas ukur kurang direntangkan secara horisontal
2.    Adanya angin yang meniup pegas ukur
3.    Pelurusan (ranging) kurang benar
4.    Panjang pegas ukur yang tidak benar
5.    Kesalahan menghitung jumlah rentangan
6.    Kesalahan recorder (pencatat)
7.    Kesalahan menghitung kemiringan

2.6    PENUTUP
2.3.4   Tes Formatif dan Jawabannya
1.    Ubahlah hasil pembacaan sudut berikut menjadi metode azimuth !
a.      N 23° W
b.      S 37° E
c.       N 48° E
d.      S 13° W
Jawab: a. 337°, b. 147°, c. 48°, dan d. 193°
2.    Dari suatu pengukuran antara titik AB, didapatkan sudut vertikal (α) = 30° dan jarak miring (d) = 20 meter. Berapakah jarak horisontal dan beda tinggi antara titik A dan B ?
Jawab:
Jarak Horisontal = D = d Cos α = 20 . Cos 30° = 20 . 0,87 = 17,4 meter
Beda Tinggi = BT = d Sin α = 20 . Sin 30° = 20 . 0,5 = 10 meter

2.3.5   Umpan Balik
Setelah memperlajari materi pada bab ini mahasiswa dapat melakukan pengukuran sudut, pengukuran panjang, dan pengukuran jarak diantara dua titik pada bidang datar dan miring.

2.3.6   Pengayaan
Chandra, A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Wirshing, J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.














BAB III
CHAIN SURVEYING

3.4    PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang prinsip dasar chain surveying. Hal ini berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran tanah. Setelah mengikuti Bab III ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·      Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip dasar chain surveying
·      Mahasiswa mampu membuat offset dan menentukan ketelitian pengukuran

3.5    PENYAJIAN
3.2.5   Prinsip Dasar Chain Surveying
Chain surveying adalah proses dari pemetaan suatu daerah, hanya dengan menggunakan pengukuran-pengukuran linear, yaitu dengan garis-garis ukur.  Walaupun metode ini merupakan bentuk pengukuran kuno, tetapi metodeini masih tetap dipakai dalam survei-survei kecil.
Pelaksanaannya sering digunakan dalam survei detail dan bahkan dijadikan dasar dalam survei-survei yang lebih modern, karena itu pengetahuan dasar tentang metode ini perlu diketahui. Prinsip dasarnya dapat dijabarkan sebagai berikut.
1.    Ambillah sebagai contoh daerah yang akan dipetakan dibatasi oleh 3 batas garis lurus AB, BC dan CA.  Jika tiga sisi ini diukur pengukuran yang sederhana ini akan diplotkan ke dalam peta sebagai berikut :
a.  Garis AB, misalnya digambar pada kertas dengan sudah diskalakan, dan dianggap sebagai base line (garis basis-basis dasar).
b.  Panjang garis AC dimasukkan juga dalam kertas gambar dengan skala yang sama yang merupakan busur dengan jari-jari AC
c.  Dengan skala yag sama pula panjang garis BC digambarkan berupa busur dengan jari-jari BC;
d.  titik C akan dihasilkan oleh perpotongan busur AB dan BC dan titik A, B dan C telah di plot dalam peta dalam posisi relatif yang sama dengan di lapangan.

2.    Apabila daerah yang akan digambarkan dibatasi oleh lebih dari tiga sisi yang lurus, sedapat mungkin pemetaan harus direncanakan sedemikian rupa sehingga daerah tersebut dapat diplot dengan prinsip segitiga.  Misalnya daerah yang berupa empat persegi salah satu diagonalnya juga diukur, kemudian diagonal ini yang mula-mula digambar dalam peta sesudah diskalakan. Dengan demikian dua segitiga akan tergambar pada kedua belah sisi dari diagonal tersebut.
C
D
 
B
A
Gambar 3.1 Chain Surveying jika terdapat 4 titik pengamatan

3.2.6   Offsets
Prinsip chain surveying hanya digunakan untuk daerah-daerah yang batasnya berupa batas lurus. Karena kebanyakan batas-batas yang kita kenal banyak yang tidak teratur maka dibuatlah jaring-jaring segitiga yang dapat digambar dan dicek. Dari garis-garis ukur ini yaitu sisi-sisi segitiga garis offset dibuat dari titik-titik obyek yang diukur garis offset ini tegak lurus terhadap garis ukur.
Gambar 3.2 Pembuatan jaring segitiga dan offset.

Cara membuat garis tegak lurus terhadap garis ukur dapat dilakukan dengan beberapa cara :
a.    memperkirakan dengan mata garis tegak lurus yang dibuat oleh 2 pita ukur;
b.    dengan memutar pegas ukur pada offset sehingga mencapai jarak yang terpendek.
c.    Dengan prinsip perbandingan garis 3 : 4 : 5 (phytagoras) dari titik A ditarik/diukur jarak 3 m pada garis ukur (1) misalnya didapat titik B.  Dari B dan A dipotong jarak 4 m dan 5 m sehingga didapat A'.  Akhirnya didapat A'A.
d.   Dengan alat optical square (kaca sudut)
e.    Dengan penggaris segitiga

3.2.7   Prosedur dalam Pengukuran Garis Offset
Kenampakan yang akan dipetakan ada tiga bentuk dan prosedur offsetting masing-masing sebagai berikut :
a.    Kenampakan yang tidak terartur (irregular features) dibagi jadi garis patah-patah seperti tepi-tepi sungai.
b.                Kenampakan yang lurus (straight features)
Seperti pagar tembok, pagar kawat dan lain-lain, hanya ujung-ujung saja yang digambar offsetnya.
c.                Kenampakan yang melengkung (curved features)
Offset diambil dan diukur pada interval yang terdapat lengkungan seperti jalan kereta api, jalan raya.




3.2.8   Panjang Maksimum Offset
Hal ini tergantung kepada beberapa hal, yaitu :
a.    Ketelitian yang diperlukan dalam memasukkan suatu kenampakan pada peta.  Misalnya, sudut suatu bangunan seharusnya lebih tepat daripaa gerumbul pohon yang tidak teratur
b.    Metode untuk membuat offset
c.    Skala dari peta yang akan dibuat

Maksimum panjang offset dapat diperhitungkan.Pada umumnya offset diperkirakan tetapi apabila garis tegak lurus tersebut kurang teliti. Offset yang diperkirakan dari garis tegak lurus sebenarnya biasanya berkisar antara 2°, maka makin panjang offseting makin besar jarak kesalahannya. Jika jarak offset tersebut kecil, kesalahan tidak begitu besar, tetapi offset yang panjang dapat menyebabkan kesalahan yang besar pula.

3.6    PENUTUP
3.3.4   Tes Formatif dan Jawabannya
1.    Mengapa dalam Chain Surveying diperlukan adanya Offset?
Jawab: Karena metode chain surveying hanya mengandalkan garis lurus (linear) dalam pengukurannya, oleh karena itu jika ingin memetakan obyek secara detil diperlukan garis bantu yang disebut sebagai offset untuk mengukur kenampakan yang detil.
2.    Dalam suatu survei dengan chain surveying, garis-garis offset tegak lurus pada garis ukur, diperkirakan hanya dijamin sampai ketelitian ,  Berapa maksimum panjang offset yang diperbolehkan, jika hasil pengukuran tersbut akan dipetakan dengan skala 1:500 ?
Jawab:
Pada skala 1:500, ketelitian jarak yang mungkin masih tergambar sebesar 0.2 mm.  Batas jarak 0,2 mm dalam peta = 500 x 0,2 mm = 100 mm = 10 cm = 0,1 m





X = 2,86 m atau 3 m maksimal

3.3.5   Umpan Balik
Setelah mempelajari materi pada bab ini mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip dasar chain surveying dan membuat offset untuk pengukuran detil objek.

3.3.6   Pengayaan
Chandra, A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Wirshing, J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro, S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.














BAB IV
KERJA LAPANGAN

4.4.  PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang praktek pengukuran lapangan dan persiapannya. Hal ini berfungsi untuk melatih mahasiswa dalam mempersiapkan kerja lapangan sebaik mungkin. Setelah mengikuti Bab IV ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·       Mahasiswa mampu menerapkan prosedur dasar untuk kegiatan lapangan
·       Mahasiswa dapat merancang titik-titik pengamatan
·       Mahasiswa dapat mengidentifikasi problem lapangan dan memberikan solusinya

4.5.  PENYAJIAN
Bagi surveyor sangatlah penting berkeliling lebih dahulu pada tempat yang akan dipetakan untuk mendapatkan gambaran yang baik dari seluruh daerah, kemudian baru menentukan langkah demi penghematan waktu, tenaga dan biaya. Peta yang sudah ada akan membantu untuk kelancaran pengukuran. Sket dari daerah yang akan dipetakan sebaiknya dilakukan pula untuk meletakkan kerangka dari pengukuran.

4.2.6   Pemilihan Stasiun/Titik Pengamatan
Selama dalam survei pendahuluan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merencanakan kerangka pengukuran:
a.    Sedikit garis-garis ukur
Seharusnya jumlah dari garis ukur seminimal mungkin, tetapi harus cukup mewakili untuk pemetaan dan harus dicek terlebih dahulu.
b.    Garis ukur dasar yang hilang
Kalau mungkin sebagai garis ukur dasar harus panjang dan memotong daerah obyek, untuk selanjutnya dijadikan dasar bagi segitiga-segitiga ukur yang lain.

c.    Segitiga-segitiga yang dibentuk harus baik
Hindarkan segitiga yang mempunyai sudut <300 dan >1500 yang paling baik jikasisi-sisi segitiga berpotongan pada sudut sekitar 900, agar kenampakannya lebih jelas.
d.   Garis-garis cek (check lines)
Setiap survei pemetaan seharusnya dilengkapi dengan garis-garis koreksi, sebaiknya garis-garis koreksi ini dapat pula digunakan untuk membuat offset-offset.
e.    Halangan
Agar memperhatikan pula halangan yang mungkin menganggu untuk garis-garis ukur, misalnya lereng yang curam permukaan yang kasar, dan lain-lain.
f.     Jarak offset yang pendek
Garis ukur seharusnya dekat dengan kenampakan-kenampakan yang akan diukur dengan offset, paling baik sekitar 3 m

4.2.7   Stasiun/Titik Pengamatan
Setelah dipilih, maka stasiun/titik pengamatan perlu dijaga dengan cara sebagai berikut:
·      Harus mudah dan cepat diketemukan selama survei
·      Tidak mudah diganggu oleh orang lain
·      Tidak mudah hilang dan pada saat-saat lain dapat dipakai lagi
·      Diberi tanda dengan patok kayu/bambu atau patok besi
·      Supaya diperhatikan tanda-tanda di sekitar titik pengamatan paling sedikit 3 kenampakan yang jelas dan diukur.

4.2.8   Buku Lapangan(Field Notes)
Semua hasil pengukuran supaya dicatat pada buku lapangan pada tiap lembar satu garis ukur yang  berupa dua  garis sejajar pada tengah-tengah tiap halaman. Harap dicatat pula :
a.    Nama dan lokasi pengukuran
b.    Keterangan tentang pita ukur dan alat-alat lain yang dipakai
c.    Tanggal pengukuran
d.   Nama-nama pengukur
e.    Sket selama diadakan survei pendahuluan dengan ketengan :
·      nama dan keterangan dengan huruf, titik-titik pengamatan
·      jumlah garis ukur
·      tanda panah yang menunjukkan arah dari pengukuran
f.     Tanda-tanda dan deskripsi titik dari pengukuran
g.    Indeks dari garis-garis ukur misalnya garis no. 1, 2, 3 dan seterusnya
h.   Keadaan udara pada waktu itu dan keadaan kenampakan yang lain yang penting untuk ketelitian pekerjaan

Terdapat pula prosedur pencatatan buku lapangan, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisiannya. Berikut ini adalah prosedurnya:
a.    Pencatatan harus teliti dan jelas
b.    Akan lebih mudah dalam plotting bila garis-garis ukur diberi nomor
c.    Skets lapangan harus jelas dan juga titik-titik mana offset diukur.
d.   Arah pengukuran jarak dari ujung satu garis ukur ke ujung lain sesuai dengan tanda panah yang ditunjukkan dalam skets
e.    Hanya garis ukur dan garis simpang yang disket dalam buku lapangan sedangkan garis-garis offset tidak
f.     Suatu titik, disamping diukur dengan offset sebaiknya dicek pula dengan suatu garis lain yang diukur dari suatu titik kedua garis ukur ke titik tersebut
g.    Sebaiknya diapakai pensil H atau 2H

4.2.9   Penggambaran Hasil Pengukuran pada Peta (Plotting the Survey)
Kerangka pengukuran pertama dilakukan dengan pensil sebagai berikut :
a.   Base Line (garis ukur dasar)
Garis ukur dasar diletakkan sedemikian rupa pada kertas gambar sehingga seluruh daerah yang dipetakan akan dapat masuk pada kertas itu, panjangnya kemudian di skalakan
b.   Segitiga-segitiga
Setiap segitiga yang membentuk kerangka pengukuran digambar satu persatu, termasuk garis-garis koreksinya
c.   Offset
Pengukuran-pengukuran offset dapat diplot dalam peta
d.   Penggambaran detail
e.   Penggambaran halus

4.2.10              Mengatasi Problem Lapangan
Apabila kerangka dari garis-garis ukur tidak dapat dibuat melalui tengah-tengah daerah yang akan dipetakan. Misalnya, adanya danau, hutan, sungai, bagunan dan lain-lain maka ada beberapa prosedur yang dapat dilaksanakan.
             a.     Halangan dalam membanjar. Kadang-kadang di dalam membanjar, juru ukur tidak dapat berdiri di belakang titik akhir, misalnya garis ukur itu harus dipasang diantara dua buah bangunan atau diantara dua buah titik-titik yang tidak dapat ditempati. Untuk itu garis ukur harus dipasang oleh dua titik (A dan B) yang masing-masing mengerjakan pembidikan.
             b.     Metode yang sama dikerjakan bila titik-titik akhir saling tidak keliharan dari masing-masing titik. Untuk ini kedua pengamat harus berdiri di atas tanggul

4.6.  PENUTUP
4.3.4   Tes Formatif dan Jawabannya
1.    Jelaskan peranan survei pendahuluan dalam susunan kerja ukur tanah !
Jawab: dengan melakukan survei pendahuluan seorang surveyor mampu menangkap gambaran sekilas tentang medan/lapangan yang akan diukur, sehingga dapat memberikan ide/gagasan untuk merancang survei yang efektif, baik dari segi biaya, tenaga, dan waktu.
2.    Dalam pengukuran seorang surveyor memerlukan buku lapangan untuk pengisian hasil pengukuran. Menurut anda seberapa pentingkah kehadiran buku lapangan dalam kegiatan ukur tanah?
Jawab: Kehadiran buku lapangan sangat penting dalam kegiatan ukur tanah. Walaupun teknologi sudah semakin memudahkan manusia, namun kehadiran buku lapangan tidak dapat dipisahkan. Ketika seorang surveyor mencatat hasil pengukurannya, dia akan melakukan scanning untuk melihat keabsahan data yang telah dicatatnya, sehingga dapat mendeteksi kesalahan secara dini.

4.3.5   Umpan Balik
Setelah mempelajari materi pada bab ini mahasiswa telah mampu menerapkan prosedur dasar untuk kegiatan lapangan, merancang titik-titik pengamatan, mengidentifikasi problem lapangan dan memberikan solusinya.

4.3.6   Pengayaan
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono, S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing, J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro, S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.


















BAB V
COMPASS SURVEYING

5.4.  PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang pemetaan dengan menggunakan kompas. Hal ini berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran tanah. Setelah mengikuti Bab V ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·       Mahasiswa mampu melakukan compass surveying
·       Mahasiswa dapat mempertimbangkan penggunaan compass surveying
·       Mahasiswa dapat mengenali pengaruh lokal

5.5.  PENYAJIAN
5.2.5   Prinsip Dasar Compass Surveying
Jika dua buah garis ukur diperlukan dalam chain suveying untuk dimasukkan ke dalam peta, maka garis ukur yang ketiga untuk membentuk segitiga harus pula diukur.Akan tetapi jika arah dari kedua garis ukur itu (yang disebut magnetic bearing) telah diketahui, maka tanpa garis ukur yang lainnya, kedua garis tersebut akan dapat digambarkan.

Gambar 5.1 Prinsip dasar compass surveying

Dengan meletakkan kompas pada perpotongan kedua garis ukur itu misalnya di A (perpotongan garis ukur BA dan AC kita dapat melihat arah daripada garis BA dan AC. Jika panjang AB dan sudut BAC dan panjang AC yang telah diukur maka posisi relatif dari titik-titik B, A dan C akan dapat diplottingkan ke dalam peta.
Proses semacam tersebut di atas, dapat dilanjutkan melalui garis-garis ukur yang lain, yang selain jarah diukur juga sudut arah (bearingnya) diukur dengan kompas, garis ukur tersebut membentuk apa yang disebut compass traverse, yang merupakan kerangkan dari pemetaan yang dibuat pada daerah yang akan dipetakan. Jika serangkaian garis-garis ukur tersebut kembali pada titik pemulaan, pengukuran dapat dicek, karena titik permulaan harus berimpit dengan titik akhir.
Gambar 5.2 Compass Traverse Tertutup

Metode ini disebut dengan dengan compass traverse yang tertutup (close traversing). Metode yang lain disebut compass traverse yang terbuka (open traversing), bila titik awal/permulaan tidak sama dengan titik terakhir.
Gambar 5.3 Compass Traverse Terbuka

Bentuk lain dari Compass Traverse terbuka dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Pada Gambar 5.4a terlihat bahwa titik A dan B merupakan titik-titik pasti, sedangkan titik 1, 2, dan 3 adalah titik pengukuran. Sementara itu pada Gambar 5.4b titik A merupakan titik pasti, titik 5 merupakan titik antara dalam compass traversing terbuka.
(a)
(b)
Gambar 5.4 Contoh Compass Traversing Terbuka dengan (a) 2 titik pasti dan (b) 1 titik pasti

5.2.6   Kelebihan dan Kekurangan Compass Traversing
Kelebihan compass traversing adalah sebagai berikut:
       Alat yang digunakan ringan dan mudah di bawa (hanya pita ukur & kompas)
       Pengukuran dapat lebih cepat.
       Setiap bearing tidak tergantung pada bearing dari observasi sebelumnya sehingga kesalahan tidak bertumpuk.
(a)
(b)
Gambar 5.5 Alat pengukuran dalam Compass Traversing, (a) pita ukur dan (b) kompas

Di samping kelebihan di atas, compass traversing memiliki kelemahan, yaitu:
       Pembacaan kadang-kadang tidak teliti, sehingga penggunaannya amat terbatas (pelengkap survei besar).
       Sering terjadi adanya pengaruh medan magnit setempat (local attraction) terhadap gerak jarum kompas.

Survei pengenalan lapangan dalam kompas traverse ini perlu dilakukan untuk menentukan posisi dari titik (station) pengamatan. Harap diperhatikan :
·           Titik pengamatan dengan kompas harus jauh dari  bangunan benda-benda yang dapat mempengaruhi jarum kompas. Misal : pagar babi, gardu listrik.
·           Garis ukur (traverse log) yang pendek tidak perlu dihindari.
·           Azimuth garis ukur dipilih sebaik mungkin sehingga dapat mewakili titik-titik penting di lapangan untuk dapat menggambarkan keadaan medan ke dalam ke atas gambar.
·           Garis ukur dan azimuth akan merupakan poligon terbuka atau poligon tertutup.
·           Penempatan patok pada titik-titik penting.

5.2.7   Observasi Lapangan
Pada waktu pengukuran sudut arah dengan kompas, supaya diusahakan dalam keadaan horisontal, agar jarum kompas dapat leluasa bergerak. Pada titik pertama kompas melalui visir diarahkan pada titik kedua, pembacaan dari titik 1 ke titik 2 disebut pembacaan pergi (forward bearing). Setelah pindah ke titik 2, dibaca lagi azimuth dari titik 2 ke titik 1 sebagai cek, pembacaan ini disebut sebagai pembacaan pulang (back bearing). Sebagai ilustrasi perhatikan Gambar 5.6 berikut ini.
Gambar 5.6 Ilustrasi pembacaan sudut pergi dan pulang

5.2.8   Pengaruh Lokal (Local Attraction)
Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa salah satu kelemahan metode compass traversing adalah adanya pengaruh lokal medan magnet terhadap kompas. Pengaruh setempat terhadap jarum kompas dapat disebabkan oleh pengaruh benda-benda yang terbuat dari besi, metal, benda benda mengandung magnetis. Pengaruh ini perlu diperhatikan, untuk selanjutnya digunakan untuk koreksi.
Contoh azimuth dari AB = 50° (dibaca di titik A), kalau membaca azimuth  dari titik B ke A, seharusnya arah ini akan menunjukkan 230° (180° + 50°). Ternyata pada saat kompas membidik di titik B ke titik A pembacaan azimuth tersebut = 220°. Dari kedua observasi ini jelas ada pengaruh pada jarum kompas (local attraction) tetapi belum diketahui dimana ada pengaruh local attraction ini di titik A atau B.
Kalau jelas ada pengaruh sebanyak ini di titik A, maka setiap pembacaan di A harus dikurangi 10° atau kalau local attraction ini jelas di B maka setiap pembacaan di B harus ditambah 10° sehingga kesalahan dapat dibatalkan. Dari contoh di atas dapat dilihat prinsip dalam menghilangkan effek dari local attraction tersebut.
1)  Koreksi yang sama harus dilakukan terhadap tiap pembacaan pada stasiun berikutnya.
2)  Pembacaan pergi dan pembacaan pulang dari satu garis setelah dikoreksi harus berbeda 180°.

5.6.  PENUTUP
5.3.4   Tes Formatif dan Jawabannya
1.    Berikut ini adalah hasil pengukuran lapangan dengan menggunakan metode compass traversing tertutup. Lengkapilah kolom isian untuk mengoreksi kesalahan yang disebabkan oleh pengaruh lokal.




Garis Ukur
Jarak (M)
Azimuth pembacaan
Selisih Azimuth
Koreksi
Azimuth terkoreksi
AB
85
60.5



BA
230.25


BC
91
358



CB
182


CD
154
148.25



DC
328.25


DE
119
219



ED
44.5


EA
98
316.25



AE
137




Jawab:
Selisih Azimuth
Koreksi
Azimuth terkoreksi
169.25
-6.25
54.25
+4
234.25
176
+4
362
0
182
180
0
148.25
0
328.25
174.5
0
219
-5.5
39
179.25
-5.5
310.75
-6.25
130.75

2.    Sebut dan jelaskan kelebihan metode pengukuran compass traversing dibandingkan metode yang lain !
Jawab: kelebihan metode compass traversing yaitu::
-          Alat yang digunakan ringan dan mudah di bawa (hanya pita ukur & kompas)
-          Pengukuran dapat lebih cepat.
-          Setiap bearing tidak tergantung pada bearing dari observasi sebelumnya sehingga kesalahan tidak bertumpuk

5.3.5   Umpan Balik
Setelah mempelajari materi pada bab ini mahasiswa sudah dapat melakukan compass surveying, mempertimbangkan penggunaan compass surveying, mengenali pengaruh lokal pada saat melakukan compass surveying.

5.3.6   Pengayaan
Chandra, A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono, S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing, J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro, S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.














BAB VI
TRIGONOMETRICAL LEVELLING

6.4    PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang pengukuran tanah dengan menggunakan prinsip-prinsip trigonometri. Hal ini berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran tanah. Setelah mengikuti Bab VII ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·       Mahasiswa mampu melakukan melakukan trigonometrical levelling dengan berbagai metode.

6.5    PENYAJIAN
6.2.4   Pengertian Trigonometrical Levelling
Trigonometrical levelling adalah pengukuran ketinggian suatu objek dengan memanfaatkan prinsip-prinsip trigonometri.

6.2.5   Metode Memanjang
Disebut metode memanjang lebih karena dalam teknisnya di lapangan posisi alat (dua) diletakkan sedemikian rupa sehingga terkesan segaris (memanjang) antara objek alat 1 dan alat 2. juga lebih mudah karena hanya menggunakan perhitungan sudut vertikal saja. Dapat dilihat pada Gambar 6.1 berikut ini, alat pengukuran diletakkan pada titik A dan titik D, sementara itu objek berada pada titik B.
Gambar 6.1 Sket trigonometrical levelling metode memanjang
Perhitungan tinggi objek dilakukan dengan memanfaatkan prinsip trigonometri. Adapun rumus-rumus perhitungannya adalah sebagai berikut. Data lapangan harus yang diambil antara lain adalah jarak AD, tinggi alat (hi), sudut α, dan sudut β.

6.2.6   Metode Angular/Segitiga
Metode ini disebut metode segitiga karena posisi alat membentuk sudut / segitiga terhadap obyek yang diukur beda tingginya. Pada Gambar 6.2 berikut alat pengukuran diletakkan di titik P dan Q, sedangkan objek adalah titik B.
Gambar 6.2 Sket trigonometrical levelling dengan metode angular

Tinggi objek sebenarnya dihitung pada masing-masing alat pengukuran dengan cara sebagai berikut.
Gambar 6.3 Ilustrasi dan cara pengukuran tinggi objek dengan metode Angular

6.6    PENUTUP
6.3.4   Tes Formatif dan Jawabannya
1.    Terdapat hasil pengukuran trigonometrical levelling sebagai berikut
A
B
C
P
α
β

TAB
TAA
T
α = 38°48’, β = 42°14’, dan jarak AB = 10,5 meter. Berapakah tinggi objek PC?
Jawab:
TdrA = AC.tgα + TAA                                              TdrB = BC.tgβ + TAB
= 89,04.0,804 + 1,32                                                = 78,54.0,907 + 1,61
= 71,58 + 1,32                                                          = 71,29 + 1,61
= 72,9 meter                                                             = 72,9 meter

2.    Dalam suatu pengukuran metode segitiga didapatkan hasil sebagai berikut:
α1 = (360°-281°54’)+36°24’ = 114°30’
β1 = 270°23’-217°7’ = 53°16’
α2 = 90°-53°40’ = 36°20’
β2 = 90°-51°12’ = 38°48’
 γ  = 180°-(114°30’+53°16’) = 12°14’
Berapakah tinggi objek?
Jawab:
= =
c = 8,83 m
b = 33,63 m
a = 37,84 m
TdrA   = b.tgδ1 + TAA
                = 33,63.tg36°20’ + 1,39
            = 33,63.0,73 + 1,39
            = 24,55 + 1,39
            = 25,94 m
TdrB    = a. tgδ2 + TAB
                = 37,84.tg38°48’ + 1,39
            = 37,84.0,8 + 1,39
            = 30,27 + 1,39
            = 31,66 m

6.3.5   Umpan Balik
Setelah mempelajari materi pada bab ini mahasiswa mampu melakukan melakukan pengukuran tinggi objek dengan metode trigonometrical levelling.

6.3.6   pengayaan
Chandra, A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono, S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing, J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro, S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.



















BAB VII
WATERPASS PROFILING

7.4    PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang pengukuran tanah dengan menggunakan waterpass. Hal ini berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran tanah. Setelah mengikuti Bab VI ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·       Mahasiswa mampu menjelaskan kegunaan penampang melintang (profil).
·       Mahasiswa dapat membuat profil dengan menggunakan dua metode pengukuran.

7.5    PENYAJIAN
7.2.4   Penampang Melintang (Profil)
Profil merupakan irisan atau penampang vertikal dari permukaan bumi yang dipotong oleh suatu bidang datar. Kegunaan pembuatan profil dalam suatu wilayah antara lain adalah untuk dapat memberikan gambaran secara jelas tentang konfigurasi relative yang ada atau untuk maksud-maksud aplikatif ; seperti perencanaan jalan, saluran irigasi, dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh penampang melintang (Profil).
Gambar 7.1 Contoh penampang melintang suatu daerah

Dalam pembuatan profil, maka beda tinggi (BT) antar titik permukaan bumi dan jaraknya sangat diperlukan. Penggunaan alat/cara dengan kemampuan pengumpulan data beda tinggi dan jaraknya tentu sangat diperlukan. Dari sekian alat/cara, penggunaan waterpass ternyata lebih sering digunakan. Hal ini mungkin karena keunggulannya dalam kecepatan pengukuran dan perhitungan yang sederhana.

7.2.5   Pembuatan Profil dengan Metode Memanjang
Metode memanjang dilakukan dengan cara membagi daerah yang akan dibuat profilnya menjadi beberapa bagian, mirip dengan pelurusan hanya saja pada daerah yang miring. Perhatikan Gambar 7.2 berikut untuk ilustrasi pengukurannya. Dalam prakteknya alat waterpass dipindahkan menurut segmen yang telah ditentukan. Hal ini tentunya agak menyulitkan, karena surveyor harus melakukan bongkar pasang alat pada setiap segmen tersebut, apalagi jika medan yang akan dibuat profilnya memiliki kemiringan yang terjal. Keunggulan metode ini adalah dapat memperoleh hasil yang detil dan dapat memilih lokasi yang bebas gangguan.
I : tempat kedudukan alat
A-E : lereng yang akan dibuat profil
A,B,C,D,E : titik yang diamati
I
I
I
I
A
B
C
D
E
Gambar 7.2 Ilustrasi pembuatan profil dengan metode memanjang

Langkah-langkah pembuatan profil dengan metode memanjang adalah sebagai berikut:
a)  Menancapkan yallon pada titik yang akan diukur (usahakan dari tempat yang mempunyai perbedaan lereng yang nyata), untuk membantu pelurusan.
b)  Meluruskan (Ranging) titik-titik tersebut sehingga berada dalam satu garis lurus dan mewakili lereng yang ada.
c)  Meletakkan waterpas instrument diantara 2 baak ukur (sejajar baak) pada titik yang diamati.
d) Melakukan pengukuran-pengukuran di dua titik, yaitu depan dan belakang. Adapun yang diukur adalah:
   Jarak (d) antar titik pengukuran.
   Beda tinggi (BT) antar titik pengukuran
e)      Setiap kali memindah alat harus mengukur depan dan belakang
f)       Menggambarkan profilnya dari hasil pengukuran.

7.2.6   Pembuatan Profil dengan Metode Melintang
Metode melintang dilakukan dengan cara membagi daerah yang akan dibuat profilnya menjadi beberapa bagian, kemudian menentukan lokasi untuk peletakan waterpass. Lokasi waterpass berada di luar garis ukur, namun diusahakan dapat menjangkau semua titik pengukuran. Keunggulan metode melintang adalah tidak perlu memindahkan alat sehingga mempercepat kerja lapangan. Namun demikian lokasi peletakan alat harus dipikirkan terlebih dahulu, jangan sampai ada halangan yang menggangu proses pengukuran. Ilustrasi pembuatan profil dengan metode melintang dapat dilihat pada Gambar 7.3.
I : tempat kedudukan alat
A-E : lereng yang akan dibuat profil
A,B,C,D,E : titik yang diamati
A
B
C
D
E
Gambar 7.3 Ilustrasi pembuatan profil dengan metode melintang

Langkah-langkah pembuatan profil dengan metode memanjang adalah sebagai berikut:
a)   Menancapkan yallon pada daerah yang akan diukur (usahakan cari tempat yang mempunyai perbedaan lereng yang nyata).
b)   Meluruskan (Ranging) titik-titik tersebut sehingga berada dalam satu garis lurus dan mewakili lereng yang ada.
c)    Meletakkan waterpass instrument pada satu titik, sehingga semua titik-titik pengukuran dapat terlihat. Usahakan untuk dapat menjangkau semua titik tanpa halangan apapun.
d)   Menentukan arah utara magnetis terlebih dahulu dengan cara :
·      Arahkan kompas pada titik nol utara magnetis.
·      Tancapkan yallon searah titik nol utara magnetis
·      Arahkan waterpass pada yallon tersebut
·      Catatlah sudut yang dihasilkan, sebagai “sudut kunci” yang selanjutnya digunakan untuk mengurangi besarnya azimuth.
e)    Lakukan pengukuran-pengukuran :
·      Jarak (D) antar instrument (I) dengan titik pengukuran
·      Beda tinggi (BT) antar instrument (I) dengan titik-titik pengukuran
·      Jarak (d) antar titik pengukuran
     Rumus yang digunakan : AB2 = AI2 + BI2 – 2.AB.BC.Cos AIB
·      Beda titik (BT) antar titik pengukuran
Rumus yang digunakan : AB = BTAI - BTBI
f)     Gambarkan profilnya dari hasil pengukuran

7.6    PENUTUP
7.3.4   Tes Formatif dan Jawabannya
1.    Jelaskan apa itu penampang melintang dan jelaskan pula manfaatnya !
Penampang melintang adalah irisan dari suatu permukan bumi dengan yang digambarkan dalam bidang 2 dimensi, dimana sumbu-x menunjukkan jarak penampang dan sumbu-y menujukkan data ketinggian. Manfaat penampang melintang adalah untuk mengetahui kemiringan dan topografi suatu daerah pada garis/penampang tertentu. Secara aplikatif penampang melintang dapat digunakan untuk penentuan jalan baru dan perencanaan saluran irigasi.

2.    Dari suatu pengukuran profiling antara titik A-C dengan menggunakan waterpass, didapatkan hasil sebagai berikut.
Titik pengamatan
Pembacaan depan
Pembacaan belakang
Ca
Ct
Cb
Ca
Ct
Cb
AB
1360
1335
1310
1260
1240
1220
BC
1560
1527,5
1495
1200
1170
1140
Berapa jarak horisontal antara titik A-C dan berapakah beda tingginya?
Jawab:
ü DA-B
D belakang = K.S   D muka  = K.S
         = 100.(1260-1220)     = 100.(1360-1310)
        = 100.40          = 100.50                                 
         = 4000 mm    = 5000 mm
        DA-B = D belakang + D muka
        = 4000+5000
        = 9000 mm = 9 m
ü DB-C
D belakang = K.S   D muka  = K.S
        = 100.(1200-1140)      = 100.(1560-1495)
         = 100.60         = 100.65                                 
        = 6000 mm     = 6500 mm
        DA-B = D belakang + D muka
        = 6000+6500
        = 12500 mm = 12,5 m
ü DA-C = DA-B + DB-C
        = 9 + 12,5 = 21,5 meter
ü BTA-B
BT belakang = Ta1 – Ct      BT muka = Ta1 – Ct
                    = 1310 – 1240 = 1310 – 1335
        = 70 mm         = - 25 mm
BTA-B = BT muka - BT belakang
         = -25 – 70
         = -95 mm
ü BTB-C
BT belakang = Ta2 – Ct      BT muka = Ta2 – Ct
                    = 1360 – 1170= 1360 – 1527,5
= 190 mm   = - 167,5 mm
        BTA-B = BT muka - BT belakang
        = -167,5 – 190
        = -357,5 mm
BTA-C = BTA-B + BTB-C = -95 mm + -357,5 mm = -452,5 mm

7.3.5   Umpan Balik
Setelah mempelajari materi pada bab ini mahasiswa mampu menjelaskan kegunaan penampang melintang (profil) dan dapat membuat profil dengan menggunakan dua metode pengukuran.

7.3.6   Pengayaan
Chandra, A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono, S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing, J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro, S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.








BAB VIII
TACHEOMETRY

8.4    PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang berbagai macam metode tacheometry. Hal ini berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa dengan teknik-teknik pengukuran tanah. Setelah mengikuti Bab VIII ini Hasil Pembelajaran yang diharapkan adalah:
·       Mahasiswa dapat melakukan pengukuran tacheometry dengan metode stadia dan metode tangensial.
·       Mahasiswa dapat mengaplikasikan tacheometry di lapangan.

8.5    PENYAJIAN
Tacheometri dari kata yunani takhus metron yang artinya pengukuran cepat (swift measure). Tacheometry ini merupakan cabang di dalam ilmu ukur tanah dimana ketinggian dan jarak dari beberapa titik diamati dengan alat optik. Tacheometri adalah metode survei yang digunakan untuk dengan cepat menentukan jarak horizontal, dan ketinggian titik. Sistem tacheometri dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu Sistem Stadia dan Sistem Tangensial.

8.2.5   Sistem Stadia – Pengamatan Horisontal
Biasanya digunakan pengukuran dengan cara waterpassing yaitu cara pengukuran untuk menentukan beda tinggi.  Secara langsung dengan membuat garis bidik horisontal ke baak (rambu) vertikal.  Alat yang digunakan adalah alat waterpass.
Gambar 8.1 Komponen pengukuran dalam waterpass

Jarak D = c + f + d
Sehingga
c + f disebut konstanta penambah B
disebut konstanta pengai A
Konstanta pengali A umumnya bernilai 100
Konstante penambah B kecil ± 30 cm, dengan pertolongan lensa forro dapat hilang
Sehingga rumus jarak dengan alat Waterpass adalah
D = 100.s
Dimana S = benang atas (Ca) – benang bawah (Cb)

Untuk pengukuran beda tinggi (BT), digunakan rumus sebagai berikut
BT = TA – Ct
Dimana TA adalah tinggi alat dan Ct adalah benang tengah

Pada umumnya pengontrolan pembacaan rambu (bawah) adalah benang tengah (ct) = ½ (benang atas + benang bawah).  Kalau selisihnya mencapai 4 mm maka pembacaan harus diulang.
Seperti alat ukur pada umumnya, waterpass harus diatur terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam mengatur dan menyetel alat waterpass. Sebelum alat dipakai di lapangan harus memenuhi syarat penyetelan waterpass:
a.    Garis arah niveau tegak lurus dengan sumbu tegak
b.    Garis bidik teropong sejajar dengan garis arah niveau
c.    Benang silang mendatar diafragma harus tegak lurus dengan sumbu tegak

Pengukuran dengan Waterpass
Terdapat tiga jenis pengukuran dengan menggunakan waterpass, yaitu:
a.    Waterpassing memanjang
Dalam pekerjaan ini mengingat route yang akan dialalui jaraknya relatif jauh
b.    Waterpassing profil
Profil adalah irisan/penampang dari permukaan tanah. Profil ini dipergunakan untuk menggambarkan jalur-jalur yang memanjang seperti jalan raya, jalan kereta api maupun pipa PAM. Profil memanjang ukuran panjang digambarkan dengan skala yang lain dari ukuran tingginya. Uraian selengkapnya tentang waterpass profiling dapat dibaca pada bab selanjutnya.
c.    Waterpassing lapangan (bidang)
Alat kita pasang memancang di tengah-tengah yang akan kita petakan, kemudian kita bidik ke smua arah

8.2.6   Sistem Stadia - Pengamatan Miring (incline sight)
Sistem ini memungkinkan pengukuran yang lebih cepat, karena alat dapat digerakkan secara vertikal. Contoh alat yang umum digunakan dalam sistem ini adalah theodolite.
Gambar 8.2 Komponen pengukuran dalam theodolite

Beda tinggi yaitu beda tinggi yang akan dicari antara O - P
Dalam pengamatan horisontal berlaku rumus :
D = K.s                             Dimana K = 100, dan S  = Ca – Cb

Pada pengamatan miring S, bukan AB, tetapi A’B’
Kalau sudut pengamatan mirip = α maka A’B’ dianggap s cos α 
A’X = s cos α

Jadi D = K.S cos α (1) dan
H = jarak horisontal = D cos α (2)
Dari (1) dan (2) maka :
H = K.s cos α cos α

H = K.s cos2  α                            Dimana K = 100, dan S = (Ca-Cb)

Dari Gambar 7.2 dapat dketahui bahwa
Beda tinggi HI + VD – h , karena VD = H tg α, maka

Beda tinggi = HI + H.tg α - h                Kalau titik yang diincar lebih tinggi
*  Hasil posisitf
Beda tinggi = HI – H.tg α - h                Kalau titik yang diincar lebih rendah
* Hasil negatif
keterangan
s    = Selisih pembacaam kurve atas  (ca) – kurva bawah (cb)
h   = Pembacaan kurve tengah (ct)
HI = Tinggi instrumen (alat tacheometer)
α   = Sudut pembacaan vertikal – 90
D  = jarak antara pusat alat I ke X (titik pembacaan kurve tengah)
V  = komponen vertikal XY, yaitu tinggi antara titik pembacaan kurve
H  = jarak horisontal yang akan dicari antara titik P – Q Beda tinggi yaitu beda tinggi a yang akan dicari antara p – q

8.2.7   Tacheometry dengan Metode Tangensial
Dalam metode ini pembacaan yang dilakukan adalah hanya pada kurva tengah saja dan sudut vertikalnya. Pembacaan diulang dua kali, tetapi pada kurve tengah dan sudut vertikal yang berbeda. Dengan menggunakan dua kurve tengah dan dua sudut vertikal tersebut dapat dihitung Jarak horisontal dan Beda tinggi.
                   

Kalau digunakan : V = BY = H tg β, maka beda tinggi = H1 ± V - BX   atau
Beda tinggi = H1 + H tg β – BX                        (BX = ct2)

8.2.8   Series Levelling
Bila jarak antar A dan B yang akan diukur beda tingginya, terlalu panjang hingga mistar (baak) tidak dapat dilihat dengan terang, atau bila keadaan lapangan sedemikian rupa, hingga garis sidik tidak memotong mistar karena jatuh di atas atau dibawah mistar, maka terpaksalah jarak antara titik A dan B harus dibagi dalam jarak-jarak yang lebih kecil, sehingga pengukuran dapat dilakukan dengan mudah dan baik.
Gambar 8.3 series levelling jika terhalang bukit

8.6    PENUTUP
8.3.4   Tes Formatif dan Jawabannya
1.    Dalam sebuah pengamatan horisontal, titik A, B, dan C ditentukan menjadi titik pengamatan. Alat waterpass diletakkan di A, lalu dengan pembacaan sebagai berikut
Pembacaan baak (mistar) di B sbb :
cb = 3253
ct = 2763
ca = 2807
Pembacaan baak (mistar) di C sbb
cb = 4033
ct = 3420
ca = 2807
Soal: Carilah jarak BC dan beda tinggi antara titik B dan C
Jawab:
Rumus jarak = k.s , dimana  k = 100
Jadi jarak AB = 100 x s --- >  s = (cb-ca)
                        = 100 x (3252-2276) = 100 x 0976 mm
= 97600 mm = 97,6 m

Jadi jarak AC = 100 x s  ------ > s = (cb-ca)
                        = 100 x 4033-2807) = 100 x 1226 mm
= 122600 mm = 122,6 m

Jadi, jarak B – C = 122,6 m – 97, 6 m = 25 m
Beda tinggi B-C selisih ct di B dan ct di C
Jadi beda tinggi B -C = (2766 – 3420) m = 0697 mm
                                                                        = 0,697 m
Titik B lebih tinggi daripada titik C

2.    Suatu alat theodolite, diletakkan di titik A. Dari titik ini diincar (diamati) baak atau mistar, dengan stadia system, di titik B dan C dengan hasil sbb.
Kedudukan alat
Titik yang diincar
Pembacaan sudut
Pembacaan baak (mistar)
Horisontal
Vertikal
A
B
316022’
85030’
Ca = 3000
Ct = 2400
Cb = 1800

C
7000’
94000’
Ca = 1500
Ct = 1000
Cb = 0500
Berapa beda tinggi antara titik B dan C?

Jawab:
Sudut α dalam rumus H = K.s cos2α , dapat dicari
(α untuk B) = 90° – 86°30’) = + 3°30’ (B lebih tinggi dari A)
(α untuk C) = 90° – 92°00’) = -2°  (C lebih rendah dari A)

Jarak AB = K.s cos2α
(H) = 100. (3150 – 1730) cos2 (30 30’)
= 100.1420 cos2 3°30’
= 142.000 (0,9986)2
= 141,6 m
Beda tinggi A - B = H1 + H tg α - h 
= 1360 + 141,6 tg 3°30’
= 1360 + 8,666 - 2440
= 7576 mm
= 7,576 m (B lebih tinggi dari A)
Jarak A-C = K.s cos2α
(H) = 100. (1570 – 0540) cos2 (20 00’)
= 100.1030 cos2 2°00’ = 10300. (0,9994)2
=102870 mm
=102,87 m

Beda tinggi A- C = H1 – H tgα - h
                        = 1350 – (102870.0.0349) – 1060
                        = (1350 –3590 – 1060) ,,
                        = -3.3 m (C lebih rendah dari A)

Jadi beda tinggi B - C = 7,576 m  - (-3,3 m) = 10,876 m

8.3.5   Umpan Balik
Setelah mempelajari materi pada bab ini mahasiswa dapat melakukan pengukuran tacheometry dengan metode stadia dan metode tangensial, serta dapat mengaplikasikannya di lapangan.

8.3.6   Pengayaan
Chandra, A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono, S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing, J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.






DAFTAR PUSTAKA

Chandra, A.M., 2005, Surveying: Problem Solving with Theory and Objective Type Questions, New Delhi, New Age International Publishers.
Ghilani, C.D., dan Wolf, P.R., 2012, Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th edition), New Jersey, Prentice Hall.
Suyono, S., 1992, Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Jakarta, Pradnya Paramita.
Wirshing, J.R., dan Wirshing, R.W., 1995, Pengantar Pemetaan (Introductory Surveying), Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wongsotjitro, S., 1991. Ilmu Ukur Tanah, Yogyakarta, Penerbit Kanisus.

Komentar